kegunaan daun sirih
Inilah 9 Kegunaan Daun Sirih dan Cara Menggunakannya
November 6, 2018
kursus bahasa jerman
Kiat-Kiat Memilih Tempat Kursus Bahasa Jerman Di Jakarta
November 6, 2018

Penyebab Asam Urat dan Ciri Ciri Asam Urat Dan Pencegahannya

penyebab asam urat

Penyebab Asam Urat – Penyakit asam urat atau dalam istilah medis dikenal sebagai gout adalah penyakit yang menyebabkan peradangan,seperti adanya ciri ciri asam urat: terjadi pembengkakan, kaku, dan rasa nyeri pada persendian yang terjadi akibat kadar asam urat dalam darah yang terlalu tinggi.

Penyakit asam urat paling sering menyerang ibu jari kaki, tapi tidak jarang mengenai persendian yang lain seperti lutut, tumit, jari tangan, pergelangan tangan, dan siku.

Asam urat sebetulnya bukanlah penyakit, tetapi merupakan senyawa alami yang diproduksi oleh tubuh. Normalnya, asam urat larut dalam darah lalu disaring oleh ginjal dan dibuang melalui urine sebagai zat sisa. Tetapi pada kondisi tubuh memproduksi asam urat dalam jumlah berlebih dan ginjal tidak mampu membuangnya, maka asam urat akan menumpuk dalam bentuk kristal padat pada persendian.

Tumpukan kristal padat tadi akan menyebabkan nyeri dan pembengkakan di berbagai sendi dalam tubuh. Nah, agar anda lebih memahami tentang penyakit asam urat, ikuti artikel mengenai penyebab asam urat dan cara mengatasinya berikut ini ya

penyebab asam urat

 Ciri Ciri Asam Urat yang Perlu Anda Ketahui

Ciri ciri asam urat biasanya muncul secara tiba-tiba yang ditandai dengan:

• Ciri ciri asam urat yang pertama adalah terasa nyeri sendi mendadak yang sering di malam hari atau pagi hari ketika bangun tidur

• Ciri ciri asam urat yang selanjutny adalah Rasa nyeri paling terasa pada ibu jari kaki

• Ciri ciri asam urat yang selanjutnya adalah sendi yang terkena penyakit asam urat terlihat kemerahan, bengkak, terasa panas, sulit digerakkan, serta rasa nyeri yang sangat

•  Ciri ciri asam urat yang paling sering ditemukan adalah sulitnya seseorang untuk berjalan

Biasanya penyakit asam urat hanya mempengaruhi salah satu sendi tetapi rasa sakit yang semakin parah menandakan peradangan pada sendi yang semakin memburuk.

Penyebab Asam Urat yang Perlu Anda Ketahui

Penyebab asam urat adalah kadar asam urat dalam darah yang terlalu tinggi dan tidak mampu diolah oleh tubuh. Asam urat yang berlebih tadi akhirnya membentuk kristal yang menumpuk di persendian, sehingga menyebabkan peradangan pada sendi. Ada beberapa penyebab asam urat, tetapi tak dapat dipungkiri penyebab utamanya adalah makanan.

Asam urat berasal dari penguraian zat purin yang terdapat pada beberapa jenis makanan dan minuman seperti alkohol, seafood, hati, dan daging. Sehingga semakin banyak seseorang mengkonsumsi makanan yang mengandung zat purin, maka semakin tinggi pula risiko mengalami penyakit asam urat.

Nah, untuk meminimalisir risiko penyakit asam urat, adalah penting untuk menghindari hal-hal yang bisa menjadi penyebab asam urat kadar . Berikut ini beberapa kebiasaan yang bisa menyebabkan naiknya kadar asam urat

1. Mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung zat purin tinggi

Makanan yang memiliki kadar zat purin tinggi adalah makanan yang bersumber dari hewan dan tumbuhan yang daapt menghasilkan asam urat. Banyaknya zat purin yang masuk akan menyebabkan kenaikan kadar asam urat dan menumpuk di dalam darah. Berikut ini beberapa daftar makanan yang mengandung zat purin tinggi

• Seafood

• Mengkonsumsi daging sapi, kambing, babi dalam jumlah berlebih

• Jeroan seperti hati, ginjal, otak

• Kuah daging yang terlalu kental

• Ikan teri, sarden, kerang, ikan kembung

• Bir dan minuman beralkohol lainnya

• Buah durian, nangka

2. Kurang olahraga

Seseorang yang telah mengalami penyakit asam urat cenderung malas berolahraga. Tapi kondisi ini tidak boleh dibiarkan karena kurang olahraga justru membuat sendi menjadi lebih kaku dan otot menjadi lebih lemah.

Sebaliknya, dengan berolahraga akan merangsang sendi bergerak bebas sehingga membuat sirkulasi persendian menjadi lebih lancar. Hal ini akan mencegah penyakit asam urat menjadi lebih parah.

Selain itu, dengan berolahraga akan menurunkan berat badan dan menguatkan otot dan tulang sehingga bisa mengurangi beban yang harus ditanggung oleh sendi. Berikut ini beberapa jenis olahraga yang dianjurkan bagi penderita penyakit asam urat.

Baca Juga  9 Ciri Ciri Asam Lambung Kumat Yang Belum Anda Ketahui

• Olahraga yang melibatkan persendian seperti jalan kaki, jogging, renang, bersepeda, senam ringan, peregangan

• Olahraga yang memacu otot lebih kuat seperti angkat beban, push up

Olahraga diatas direkomendasikan untuk menurunkan kadar asam urat secara efektif. Adapun olahraga yang memerlukan gerakan yang komplek seperti bela diri, bulutangkis, voli, sepakbola, anda perlu menghindarinya karena rentan akan cidera. Harap diperhatikan juga bahwa olahraga tersebut bisa dilakukan dalam kondisi tidak terserang asam urat. Berolahraga ketika sendi meradang, nyeri, atau membengkak bisa membuat kondisi semakin buruk.

3.Kurang mengkonsumsi air putih

Menurut pakar kesehatan, terjadinya suatu penyakit pada seseorang banyak diakibatkan karena kurang minum air putih. Apalagi orang zaman sekarang lebih suka minum soft drink dan minuman bersoda. Kekurangan air putih akan mengakibatkan dehidrasi, sehingga berpengaruh buruk kepada oragan-organ tubuh.

Selain itu, kurang cairan akan membuat kristal asam urat mudah terbentuk. Oleh karena itu, usahakan lebih banyak minum air putih dibanding air minum yang berasa.

penyebab asam urat

Cara Mengatasi Penyakit Asam Urat Dengan Mudah

Asam urat sebenarnya diperlukan oleh tubuh untuk membentuk inti sel. Namun yang diperlukan tubuh tersebut hanya sedikit, lebih banyak yang dibuang baik melalui usus maupun ginjal.

Untuk mengetahui kadar asam urat dalam tubuh kita normal atau berlebih, bisa dilakukan tes darah. Kemudian hasil tes asam urat tadi dibandingkan dengan kadar asam urat normal sebagai berikut :

• Perempuan : 2,4-6,0 mg/dL

• Pria : 3,4-7,0 mg/dL

• Anak-anak : 2,0-5,5 mg/dL

Penyakit asam urat tidak dapat disembuhkan, tetapi penderita bisa mengkonsumsi obat untuk mengobati gejala yang muncul sehingga keluhan yang dirasakan segera hilang.

Secara umum gejala asam urat bisa diatasi dengan mengkonsumsi obat-obatan yang masuk ke dalam golongan NSAID (Nonsteroidal Anti-Inflammatory Drugs), yaitu kelas obat yang berfungsi anti inflamasi (anti peradangan), analgetik (anti nyeri), antipiretik (menurunkan demam). Obat-obatan ini diberikan untuk penderita yang mengalami penyakit asam urat secara mendadak dan parah.

Baca Juga  Mengenal Fungsi Asam Mefenamat dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Selain itu para penderita penyakit asam urat juga bisa menggunakan obat pengontrol kadar asam urat. Obat ini berupa steroid yang dapat berupa suntikan (injeksi) langsung pada sendi yang terkena asam urat maupun berupa pil.

Bagi penderita asam urat, hendaknya meminum obat-obatan yang telah diresepkan oleh dokter dengan teratur. Bila penderita tidak minum obat secara teratur, bukan tidak mungkin akan meningkatkan risiko terkena cidera dan gangguan sendi lainnya. Selain itu, jika asam urat tidak ditangani dengan baik, kristal bisa menumpuk di ginjal. Hal ini akan menyebabkan terjadinya batu ginjal dan menghalangi aliran urine untuk keluar.

Pencegahan Dari Penyakit Asam Urat

Bagaimanapun juga, mencegah adalah lebih baik dibanding mengobati. Adalah penting untuk melakukan gaya hidup sehat agar terhindar dari berbagai penyakit. Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengontrol kadar asam urat tetap normal

• Batasi makan makanan yang mengandung zat purin

Makanan tersebut seperti daging merah, seafood, hati, ikan sarden. Jika ingin mengkonsumsi protein, konsumsilah protein murni seperti putih telur serta makanan yang kaya akan asam lemak esensial seperti salmon dan ikan tuna

• Hindari minuman beralkohol

• Minum air putih yang cukup, yaitu sekitar 2 liter per hari atau bisa lebih

Jika asam urat sedang menyerang. Minum air putih juga melancarkan ginjal dan kandung kemih sehingga makin banyak zat purin yang terbuang dari tubuh

• Perbanyak konsumsi makanan berserat seperti buah pisang, apel, strawberi, alpukat, beras merah, sayur-sayuran hijau dan tomat, kacang merah,almond

• Mengkonsumsi makanan rendah zat purin lainnya seperti yoghurt, susu rendah atau bebas lemak

• Rajin olahraga secara teratur

• Jagalah berat badan tidak berlebih

Baca Juga  9 Ciri Ciri Asam Lambung Kumat Yang Belum Anda Ketahui

• Usahakan agar berhenti merokok

Nah, demikian ulasan mengenai penyebab penyakit asam urat, ciri ciri penyakit asam urat sampai cara mengatasi penyakit asam urat dan semoga tulisan ini mengingatkan kita semua untuk selalu mengatur pola makan dan perilaku hidup sehat agar terhindar dari berbagai penyakit.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *