manfaat daun katuk
9 Manfaat Daun Katuk Selain Bagi Ibu Hamil dan Efek Sampingnya
November 3, 2018
migrain sebelah kanan
7 Penyebab Migrain Sebelah Kanan Berikut Solusi Mengatasinya
November 5, 2018

Waspada, Ini 10 Penyebab Batuk Berdahak Salah Satunya Tanda TBC

penyebab batuk berdahak

Penyebab Batuk Berdahak – Batuk adalah penyakit yang datang karena tubuh telah terinfeksi virus. Batuk bisa langsung diobati dan jika berjalan hingga berkepanjangan maka ada masalah serius dalam tubuh Anda yang perlu ditangani oleh dokter spesialis. Ketika batuk datang Anda akan merasakan tenggorokan gatal kemudian membuat Anda merasa ingin mengeluarkan sesuatu yang gatal tersebut.

Dalam beberapa kasus batuk akan membuat Anda merasa sakit ketika menelan baik itu ludah maupun air bahkan benda padat seperti makanan. Ada dua jenis batuk yang bisa dialami yaitu batuk berdahak dan batuk kering. Batuk berdahak yang paling sering dialam karena adanya cairan lendir yang diprouksi secara berlebihan.

Baca Juga  9 Manfaat Daun Katuk Selain Bagi Ibu Hamil dan Efek Sampingnya

Padahal fungsi adanya lendir dalam saluran pernapasan adalah untuk menjaga saluran udara agar tetap lembab dan tidak mudah teriritasi khususnya paru-paru. Namun ketika virus berkembang dalam tubuh maka cairan yang diproduksi akan menjadi berlebihan. Nah cairan tersebut harus Anda keluarkan menjadi dahak dan harus Anda obati.

Batuk berdahak dapat terjadi pada setiap orang dalam waktu yang berbeda. Ada batu alergi yang disebabkan oleh debu atau kotoran, ada batuk yang disertai dengan flu, ada batuk kering, atau batuk di pagi hari. Berbagai macam jenis batuk ini disebabkan oleh berbagai macam hal.

penyebab batuk berdahak
Waspada, Ini 10 Penyebab Batuk Berdahak Salah Satunya Tanda TBC

Penyebab batuk berdahak perlu Anda ketahui agar lebih mudah melakukan pencegahan sebelum batuk berdahak menyerang Anda. Berikut ini macam-macam penyebab batuk berdahak dan ternyata salah satunya indikasi adanya TBC, berikut penjelasannya:

1. Sleep apnea

Masalah ini sleep apnea ini bisa menjadi pemicu batuk berdahak. Sleep apnea adalah gangguan tidur obstruktif seperti insomnia, nafas yang terengah-engah, Anda bisa saja merasa tercekik ketika sedang tidur, tidu tidak nyaman karena mudah terbangun berkali-kali, rasa kantuk yang tinggi di siang hari. Masalah ini bisa menyerang siapa saja khususnya bagi Anda yang memiliki tekanan pekerjaan yang sangat berat.

2. Banyak menghirup inhaler

Anda mungkin akan merasa nyaman setelah menghirup inhaler. Namun lama kelamaan penggunaannya menjadi candu.

Bahkan ketika Anda merasa hidung tersumbat Anda menghirup inhaler tiga hari berturut-turu. Namun tahukah Anda bahwa inhaler yang digunakan terus menerus akan menyebabkan pembengkakan pada saluran nafas? Ketika saluran nafas membengkak flu akan sulit diobati dan kemungkinan batuk berdahak sangat tinggi.

Baca Juga  Awas, Kenali 4 Gejala Usus Buntu Pada Wanita Hamil

3. Jantung

Anda sering melihat bukan orang tua yang memiliki penyakit jantung akan sering berfeham? Ini dikarenakan banyak dahak yang diproduksi oleh organ dalam. Ketika adanya gagal jantung, pemompaan darah ke arah paru-paru yang membawa oksigen tidak bekerja maksimal. Maka akan ada banyak timbunan lendir dalam paru-paru yang membuat dahak dan batuk.

4. Asap

Ada banyak asap yang dihirup. Polusi udara karena asap menjadi pemicu batuk berdahak paling basar khususnya untuk ibu hamil dan anak-anak. Asap rokok, asap kendaraan atau asap pembakaran sampah daun perlu dihindari, asap akan membuat tenggorokan menjadi iritasi memudahkan dahak untuk muncul.

5. Asam lambung

Anda memiliki riwayat penyakit asam lambung maka tidak heran jika Anda sangat mudah untuk terkena batuk berdahak.

Batuk berdahak yang disebabkan oleh asam lambung dikenal dengan istilah reluks asam lambung atau GERD. Jika Anda mengalami gejala seperti rasa panas di bagian perut, batuk yang berkepanjangan maka masalah ini GERD muncul dan Anda harus mengobatinya pada dokter spesialis.

penyebab batuk berdahak

6. Infeksi saluran pernapasan

Ada berbagai macam jenis infeksi saluran pernapasan yang bisa dialami oleh siapa saja. Penyebab batuk berdahak karena infeksi ini perlu penanganan khusus.

Misalnya saja infeksi karena asma maka zat histamin dalam tubuh akan diproduksi secara berlebihan. Ketika itu hidung akan mengeluarkan lendir lebih banyak dan menetes di belakan tenggorokan. Lendir ini akan menjadi pemicu utama batuk berdahak.

7. Pneumonia

Pneumonia adalah penyebab batuk berdahak yang sangat serius. Adanya infeksi pada kantung udara dalam paru-paru yang menimbulkan dahak. Gejala yang didapatkan adalah batuk di pagi hari demam hingga menggigil, badan yang terasa lemah, dan nyeri saat bernafas. Untuk mengatasi hal ini biasanya dokter akan memberikan antibiotik bahkan jika parah Anda bisa rawat inap karena membutuhkan bantuan alat pernapasan.

8. Bronkitis

Terjadi di pagi hari, bronkitis yang telah akut terjadi karena adanya pembengkakan di area saluran udara karena reaksi dari virus. Infeksi ini akan memproduksi lendir berlebihan dan membuat Anda batuk berdahak berkepanjangan yang disertai sesak napas. Demam yang terjadi akrena bronkitis bisa berbeda-beda, ada yang satu minggu atau lebih.

9. Edema

Adanya edema ini disbeabkan oleh penumpukan cairan pada kantung udara dan menyebabkan kesulitan bernapas. Biasanya masalah ini muncul jika Anda memiliki gangguan jantung atau kondisi medis yang berhubungan dengan alat pernapasan lainnya.

Baca Juga  Cara Mengatasi Batuk Berdahak Dengan Obat Herbal Pilihan

10. TBC

Anda pernah melihat sesorang yang batuk berdahak namun yang keluar adalah darah? Itu adalah gejala penyakit TBC yang sudah parah. Anda perlu berhati-hati jika melihatnya karena penyakit tersebut sangat mudah menular bahkan hanya melalui udara saja. Virus TBC bisa menyerang siapa saja bahkan seseorang yang memiliki imun baik.

Cara Mencegah Batuk Berdahak Dengan Mudah

Penyebab batuk berdahak memang sangat bervariasi namun Anda tidak perlu khawatir, dengan cara pencegahan yang tepat, mengatasi batuk berdahak yang belum parah bisa sangat mudah. Untuk melakukan penegahan batuk berdahak Anda bisa melakukan beberapa langkah berikut ini.

• Pola hidup sehat

Penyakit tidak akan mudah menyerang khususnya virus dan bakteri jika Anda memiliki pole hidup yang sehat. Pola hidup sehat adalah makan makanan bergizi dan berolahraga secara teratur. Pastikan Anda mengkonsumsi buah dan sayuran serta sedikit protein hewani untuk menjaga keseimbangan tubuh. Ketika Anda berolahraga setiap hari atau tiga kali seminggu setidaknya Anda membentuk antibodi yang baik.

• Hidup bersih

Selain menjaga pola hidup yang sehat Anda juga perlu menbjaga kebersihan. Lingkungan tempat tinggal terutama yang harus Anda perhatikan. Apakah ada genangan air, apakah semua sampah telah dibuang pada tempatnya dan jangan sampai ada debu khususnya bagi Anda yang memiliki alergi terhadap debu. Anda perlu waspada ketika bersin melanda bisa jadi itu adalah tanda bahwa Anda akan terserang flu yang disertai batuk berdahak.

Baca Juga  Cara Menghilangkan Batuk Berdahak Pada Anak Dengan 4 Cara Aman Ini

• Vitamin

Asupan vitamin perlu ditambah apabila Anda merasa tidak vit karena pekerjaan dan banyak bekerja lembur. Anda akan begadang dan mengambil jam istirahat. Tambahkan vitamin dalam asupan makan Anda. Namun jangan berlebihan.

• Tidur yang nyeyak

Pastikan Anda mendapatkan tidur yang cukup, tubuh butuh istirahat yang akan menjaganya menghadapi kegiatan Anda sehari hari dan terhindar dari infeksi yang serius. Anda bisa melakukan istirahat di malam hari. Atur jam tidur Anda agar tidak terlalu berlebihan dan kurang. Memberikan tubuh Anda istirahat yang cukup merupakan tanda Anda perhatian dengan tubuh.

Perhatikan dan jaga kesehatan Anda. Ketika cuaca sedang buruk baik itu panas dan hujan tubuh akan mudah lelah dan terinfeksi virus batuk berdahak. Jagan asupan gizi dan pastikan olah raga secara teratur.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *