cara memanjangkan bulu mata
Lupakan Bulu Palsu, Ini 7 Cara Memanjangkan Bulu Mata Secara Alami
November 14, 2018
manfaat minyak kemiri untuk rambut
6 Manfaat Minyak Kemiri Untuk Rambut dan Cara Membuatnya
November 15, 2018

Selain Stres, Inilah 7 Faktor Penyebab Jerawat Di Pipi

penyebab jerawat di pipi

Penyebab Jerawat di Pipi – Memiliki jerawat memang sangat mengganggu, karena benjolan kecil di wajah ini akan mudah terlihat oleh siapapun. Masalah jerawat ini bisa mengakibatkan minder dan rasa kepercayaan diri menjadi turun drastis.

Baca Juga  Arti Jerawat Di Dagu Ini Belum Diketahui Banyak Orang

Tidak ada yang menginginkan wajahnya berjerawat, sebab akan mengganggu penampilan. Apalagi jika jerawat tersebut muncul di pipi. Jerawat di pipi sulit ditutupi karena menggunakan make up tebal justru bisa berakibat jerawat makin parah.

penyebab jerawat di pipi

Selain Stres, Inilah 7 Faktor Penyebab Jerawat Di Pipi

Seperti yang sudah Kita ketahui bahwa hampir sebagian besar penyebab jerawat di pipi diakibatkan oleh stres akibat mengalami berbagai macam permasalahan contohnya saja permasalahan hidup, maupun permasalahan lainnya.

Namun, tahukah Kamu bahwa selain stres ternyata ada banyak faktor yang menyebabkan jerawat muncul di sekitar pipi. Nah, apakah kamu sudah tahu faktor apa saja yang menjadi penyebab jerawat di pipi ini? Berikut ini ulasannya

1.Polusi udara

Polusi udara seakan-akan sudah tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari, terutama bagi orang yang tinggal di kota besar. Secara umum, polusi udara bisa mendatangkan bahaya bagi kesehatan kulit kamu. Hal ini karena polusi tersebut bisa melemahkan imunitas kulit serta menurunkan kemampuan memerangi radikal bebas. Selain itu, kandungan debu dan kotoran bisa menutupi pori-pori kulit, sehingga jerawat tidak dapat dihindarkan lagi.

2.Kurang membersihkan wajah

Kurangnya membersihkan wajah menjadi faktor utama munculnya jerawat. Banyaknya aktivitas sehari-hari, apalagi outdoor akan menyebabkan kotoran, debu, mauupun bakteri menempel di wajah. Jika tidak segera dibersihkan, polutan tersebut akan membuat pori-pori wajah tersumbat hingga memunculkan jerawat.

Baca Juga  7 Makanan Penyubur Sperma Salah Satunya Makanan Simbol Cinta

Apalagi bagi kamu yang suka menggunakan make up, pasti paham bahwa membersihkan sisa make up lebih sulit dibanding kotoran. Oleh karena itu, disarankan untuk mencuci wajah secara benar dan rutin setiap hari.

3.Tangan kotor

Rasanya mustahil untuk terhindar dari interaksi dengan kuman dan bakteri dimanapun kita berada. Nah, seringkali tangan kita menyentuh berbagai benda kotor kemudian secara refleks menyentuh pipi di wajah.

Kebiasaan tangan menyentuh wajah bisa menjadi masalah ketika tangan kita masih kotor, sehingga kuman dan bakteri berpindah ke pipi dan memicu timbulnya jerawat.

Jadi, usahakan selalu cuci tangan kamu setiap kali habis menyentuh benda-benda yang berpotensi menyebarkan kuman seperti uang kertas, keyboard komputer, gagang pintu, dan lain sebagainya.

penyebab jerawat di pipi

4.Penggunaan ponsel

Ponsel sudah menjadi kebutuhan primer bagi masyarakat modern. Tapi tahukah kamu bahwa penggunaan ponsel bisa mempengaruhi kesehatan kulit? Handphone yang ada dalam genggaman kita merupakan salah satu tempat berkumpulnya bakteri. Debu serta kotoran menempel pada ponsel kita setiap hari.

Baca Juga  Inilah 5 Cara Alami Menghilangkan Flek Hitam Di Pipi

Kalau kamu jarang mencuci tangan setelah memegang ponsel, maka bakteri bisa mudah berpindah dan mengakibatkan jerawat. Maka, sempatkanlah membersihkan layar handphone agar tidak berdampak buruk pada kulit wajah kita.

5.Mengkonsumsi makanan yang salah

Penyebab jerawat di pipi tidak selalu bakteri maupun kotoran. Tapi makanan yang kita konsumsi juga bisa memperngaruhi kesehatan kulit. Makanan yang bisa memicu timbulnya jerawat umumnya adalah makanan yang dapat meningkatkan gula darah. Dengan meningkatnya gula darah, maka produksi minyak di kulit akan meningkat sehingga lebih mudah terkena jerawat.

Beberapa makanan yang bisa menjadi penyebab jerawat di pipi diantaranya susu, makanan berminyak seperti pizza, burger, gorengan, kentang goreng, serta makanan yang mengandung gula atau makanan manis. Nah, agar terhindar dari jerawat, kamu harus menjaga pola hidup sehat serta membatasi konsumsi makanan penyebab jerawat tersebut.

6.Stres

Tekanan dalam hidup seperti tuntutan pekerjaan maupun masalah pribadi terkadang bisa menyebabkan stres. Stres bisa mempengaruhi bagian tubuh lainnya, salah satunya menyebabkan jerawat di wajah.

Pada saat stres berat, sebum atau zat berminyak lebih cepat terbentuk dan menutupi pori-pori sehingga jerawat muncul. Jadi jangan biarkan dirimu terpuruk dalam stres berkepanjangan ya.

Baca Juga  15 Penyebab Pipi Tembem yang Mungkin Belum Anda Ketahui

7.Merokok

Setiap orang pasti menyarankan kepada teman atau saudaranya untuk berhenti merokok, karena akan mengganggu kesehatan. Tidak hanya berpotensi menyebabkan kanker dan penyakit kardiovaskular, merokok ternyata juga bisa membuat wajah berjerawat, baik perokok pasif maupun aktif.

Baca Juga  Cara Mengobati Sariawan di Lidah dan Tips Untuk Mencegahnya

Hal ini dikarenakan asap rokok akan merusak sel-sel kulit sehingga memicu penyumbatan di pori-pori dan akhirnya menyebabkan munculnya jerawat.

Merokok tidak hanya menyebabkan jerawat, tetapi juga memunculkan tanda-tanda penuaan dini seperti kulit keriput dan munculnya garis-garis di sekitar mata. Jadi, yuk stop merokok agar badan makin sehat dan penampilan jadi oke

Nah, itulah tadi beberapa kebiasaan buruk yang bisa menjadi penyebab jerawat di pipi. Semoga artikel ini bermanfaat, dan selalu terapkan kebiasaan gaya hidup sehat agar terhindar dari jerawat ya.

Artikel Terkait

Andik Dwikuntoro

Hallo semuanya. Perkenalkan, nama saya Andik. Aku lahir, besar, dan tumbuh di Yogyakarta. Jadi aku merasa ada ikatan yang kuat dengan kota gudeg ini.

Awal mula perkenalanku dengan dunia menulis adalah, ketika aku direkrut menjadi penulis buku di salah satu perusahaan alat pendidikan di Jogja. O ya, salah satu buku karanganku sedang dalam proses cetak oleh perusahaan penerbit di Jogja lho. Doakan aja biar cepat terbit ya.

Biasanya aku menulis topik gaya hidup, tips, dan kesehatan. Buat aku, aktivitas menulis artikel itu sangat menyenangkan, karena ada kepuasan tersendiri ketika kita bisa berbagi informasi maupun ide.

Disamping itu, menulis juga bisa dilakukan di mana aja dan kapan saja. Selain menulis, aku punya hobby lainnya, yaitu jogging. Nah, itu dulu perkenalannya ya. Terima kasih dan salam kenal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *