julukan negara jerman
2 Julukan Negara Jerman yang unik dan Asal Usul Sejarahnya
December 14, 2018
cara mendapat beasiswa ke jerman
Bukan Cuman Mimpi, Ini 3 Cara Mendapat Beasiswa Ke Jerman
December 15, 2018

Penyebab Mata Silinder, Gejala, dan Cara Mengobatinya

penyebab mata silinder

Penyebab Mata Silinder– Kondisi mata minus, plus, dan silinder tentu sudah tidak asing di telinga kita. Namun kali ini akan dibahas lebih jauh tentang apa itu mata silinder dan penyebab mata silinder.

Mata silinder atau dalam istilah medis lebih dikenal dengan sebutan astigmatisma adalah kondisi mata tidak normal yang disebabkan oleh bentuk kornea yang tidak teratur.

Baca Juga  Lupakan Bulu Palsu, Ini 7 Cara Memanjangkan Bulu Mata Secara Alami

Bentuk kornea mata yang tidak teratur mengakibatkan adanya perubahan cara cahaya yang melewati atau membias di retina. Hal ini menyebabkan pandangan menjadi kabur atau adanya gangguan pada pandangan.

penyebab mata silinder

PENYEBAB MATA SILINDER

Mata silinder terbagi ke dalam dua tipe, yaitu silinder kornea dan silinder lenticula. Silinder kornea terjadi karena adanya kecacatan pada kornea. Sedangkan silinder lenticular terjadi karena kondisi bentuk lensa mata yang memiliki kesalahan.

Pada umumnya, mata silinder terjadi karena adanya pengaruh genetis. Mata silinder umumnya diderita sejak anak-anak dan terus dibawa sampai dewasa.

Selain karena faktor keturunan, penyebab mata silinder adalah faktor lingkungan. Faktor lingkungan yang menjadi penyebab mata silinder di antaranya yaitu terlalu sering terpapar cahaya, terlalu lama terpapar gadger, dan tidak menjaga kesehatan mata.

Risiko seseorang mengidap mata silinder akan lebih tinggi jika memiliki beberapa riwayat medis sebagai berikut:

Baca Juga  Selain Insomnia Ini 6 Penyebab Mata Panda yang Lainnya

1. Memiliki keluarga dengan riwayat mata silinder atau gangguan mata lain seperti degenerasi kornea.

2. Terbentuknya jaringan parut pada mata atau terjadi penipisan kornea mata.

3. Menderita rabun jauh parah sehingga membuat pandangan kabur dari jarak jauh.

4. Menderita rabun dekat parah sehingga membuat pandangan kabur meskipun dalam jarak close up.

5. Pernah melakukan operasi mata seperti operasi katarak.

penyebab mata silinder

GEJALA MATA SILINDER

Gejala mata silinder berbeda-beda pada setiap orang. Namun, ada beberapa gejala yang umum terjadi pada penderita mata silinder, di antaranya yaitu pandagan menjadi kabur, mengalami kesulitan melihat di waktu malam, sering menyipitkan mata, mengalami ketegangan pada mata, mengalami iritasi pada mata, dan sering menderita sakit kepala.

Mata silinder dapat didiagnosis dengan mengikuti beberapa pemeriksaan dan penilaian medis. Pemeriksaan yang biasa dilakukan adalah tes penilaian ketajaman visual, tes refraksi dan tes keratometri. Tes penilaian ketajaman visual digunakan untuk mengukur seberapa jauh seseorang dapat membaca huruf-huruf pada jarak tertentu.

Tes refraksi digunakan untuk memeriksa seberapa tepat penglihatan seseorang dan mengetahui bagian mata yang memberikan informasi penglihatan pada seseorang. Tes keratometri digunakan untuk mengetahui kondisi lengkungan kornea mata seseorang.

CARA MENGOBATI MATA SILINDER

Pengobatan mata silinder dapat dilakukan dengan beberapa cara. Perawatan yang umum dilakukan adalah dengan menggunakan lensa korektif atau lensa kontak kaku untuk membantu mengoreksi ketidakteraturan pada lekukan di kornea mata. Apabila sudah parah, operasi dapat menjadi cara untuk menangani mata silinder.

Pada beberapa kondisi, gejala mata silinder dapat dikurangi dengan banyak mengonsumsi makanan yang dibutuhkan mata, seperti wortel, buah-buahan yang kayak viatmin A, dan ikan tuna.

Baca Juga  Selain Alergi, Inilah 6 Penyebab Kelopak Mata Bengkak

Mata silinder juga dapat diminimalisasi dengan mengurangi kebiasaan jelek seperti terlalu lama terpapar gadget dan selalu menjaga kesehatan mata dengan cara melindungi mata dari debu dan polusi.

Semoga bermanfaat!

 

Artikel Terkait

Zahwa Arsyazzahra

Hai perkenalkan namaku Za. Kenapa singkat sekali ya? Karen nama panjangku Zahwa Arsy Azzahra, dan teman-temanku merasa namaku suzah banget jadinya disingkat seperti itu :D. Gadis beruntung kelahiran 20 Desember ini hobi sekali travelling dan menulis, nulis apapun!

Meskipun menempuh pendidikan teknik, tak menghalangi aku buat terus menulis. Bahkan menjadikan semangat buat aku, bagaimana nantinya seorang lulusan teknik bisa menjadi penulis yang karyanya banyak disukai orang 🙂

Yuk, saling menyambung silaturahmi! Reach me on zahwaarsyazzahra@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *