kursus ielts di jakarta
4 Tempat Kursus IELTS Di Jakarta Paling Rekomendasi dan Terbaik
November 5, 2018
cara mengobati hidung tersumbat
Cara Mengobati Hidung Tersumbat Sesuai Jenis Penyebabnya
November 6, 2018

7 Faktor Penyebab Mimisan dan Tips Mengatasi Sering Mimisan

penyebab mimisan

Penyebab Mimisan – Hampir semua orang pernah mengalami mimisan, paling tidak sekali seumur hidup. Biasanya mimisan tidak membahayakan, tetapi pendarahan di hidung ini bisa mengganggu dan membuat anda tidak nyaman.

Baca Juga  Lakukan 4 Cara Mencegah Penyakit Difteri Ini Pada Anak

Mimisan bisa terjadi pada semua kalangan usia, namun anak-anak merupakan kelompok usia yang paling banyak mengalami mimisan.

Wajib Tahu Inilah 7 Faktor Penyebab Mimisan

Mimisan dapat terjadi karena berbagai sebab, mulai dari yang ringan sampai dengan penyebab yang erat kaitannya dengan kondisi kesehatan kamu. Dinding dalam hidung kita penuh dengan pembuluh darah kecil yang mudah pecah, sehingga rentan terjadi mimisan. Berikut ini beberapa hal yang menjadi penyebab mimisan

penyebab mimisan
1.Cedera hidung

Cedera pada hidung bisa terjadi ketika seseorang mengalami benturan atau terjatuh. Cedera ini bisa mengakibatkan pembuluh darah di lubang hidung pecah hingga darah mengucur melalui hidung.

Kondisi ini biasanya berlangsung dalam waktu yang singkat. Namun jika pendarahan tidak berhenti dalam 20 menit atau mengalami kesulitan bernapas, anda bisa periksa ke dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

2.Sinusitis

Sinusitis merupakan peradangan pada sinus hidung, yaitu rongga kecil antara tulang dahi dan pipi. Peradangan tersebut membuat pembuluh darah rentan pecah dan area sekitar sinus menjadi memerah.

Kondisi ini jangan dianggap ringan, karena jika keluar darah mimisan berwarna gelap serta bau tak sedap, bisa jadi hal tersebut menandakan kondisi yang lebih buruk misalnya infeksi.

Cara sederhana mencegah sinuitis adalah dengan mencuci hidung setiap hari. Selain itu, mencuci hidung tiap hari dapat menjaga kelembaban hidung agar tidak kering serta menghilangkan kotoran-kotoran yang berada di dalam hidung.

3.Alergi

Mimisan juga bisa terjadi pada orang yang alergi terhadap polusi atau penyebab lainnya seperti asap kendaraan, debu, pasir, asap rokok, bulu binatang, jamur, maupun karena serbuk sari bunga. Alergi sendiri sebenarnya bukanlah penyebab mimisan secara langsung, tetapi menjadi faktor pemicu terjadinya mimisan.

Baca Juga  Waspada, Ini 10 Penyebab Batuk Berdahak Salah Satunya Tanda TBC

Bagi orang yang sensistif terhadap debu misalnya, hidung akan terasa gatal disertai ingus yang terus keluar. Jika kondisi ini tidak kunjung berhenti, orang cenderung untuk terus-menerus menggosok hidung. Gesekan yang diterima ketika menggosok hidung tersebut bisa membuat pembuluh darah pada hidung pecah kemudian berdarah.

4.Perubahan suhu udara yang ekstrem

Salah satu penyebab mimisan adalah perubahan cuaca. Kondisi cuaca yang dapat berubah tiap saat, baik dari panas ke dingin atau sebaliknya ternyata juga bisa membuat mimisan. Perubahan cuaca yang ekstrem ini bisa menyebabkan hidung kering atau iritasi hingga lapisan dalam hidung mudah luka dan akhirnya menimbulkan pendarahan pada hidung.

5.Gangguan pembekuan darah

Jika anda menemui seseorang yang sering mimisan, hal ini tidak bisa dianggap enteng. Karena terlalu sering mimisan bisa menjadi tanda hemofilia. Hemofilia atau gangguan pembekuan darah terjadi ketika darah tidak bisa menggumpal sebagaimana biasanya akibat tubuh kekurangan protein pembekuan darah.

Ketika tubuh tidak mampu membekukan darah, maka pendarahan yang terjadi akan sulit dihentikan hingga menyebabkan mimisan.

Bagi anak-anak, hemofilia merupakan penyebab mimisan yang paling berbahaya, karena bisa menyebabkan mimisan berlanjut hingga dewasa. Sehingga anda harus membawa anak anda ke rumah sakit ketika mendapati tanda-tanda hemofilia, tanda-tanda tersebut misalnya anak mudah berdarah ketika sikat gigi.

6.Penggunaan obat pengencer darah

Obat pengencer darah atau koagulan seperti aspirin, obat anti inflamasi non steroid (NSAID) yang biasa digunakan sebagai penghilang rasa sakit ternyata bisa menyebabkan mimisan.

Hal ini karena obat pengencer darah tersebut akan mengubah kemampuan darah untuk menggumpal atau membeku. Pembekuan darah dapat mencegah dan menghentikan mimisan, maka obat-obatan apapun yang mengubah kemampuan darah untuk membeku akan menyebabkan pendarahan pada hidung sulit dihentikan.

Baca Juga  Cara Menghilangkan Bekas Koreng Paling Ampuh yang Bisa Dicoba

Obat pengencer darah biasanya sering dikonsumsi oleh orang yang memiliki riwayat detak jantung tidak teratur agar tidak terjadi pembekuan darah. Pembekuan darah bisa berbahaya bagi penderita jantung karena bisa menyebabkan stroke dan serangan jantung. Sayangnya obat pengencer darah ini berefek meningkatkan risiko pendarahan.

7.Terlalu dalam mengorek hidung

Mengorek hidung atau mengupil sering terjadi pada anak-anak, walaupun orang dewasa juga ada yang melakukan kebiasaan ini. Anak-anak biasa mengorek hidung untuk menghilangkan kebosanan atau bisa juga karena keingintahuan akan adanya benda kecil yang ada di dalam hidungnya.

Tanpa sadar kebiasaan mengorek hidung ini bisa merobek selaput lendir dan pembuluh darah pada hidung hingga terjadi mimisan.

Baca Juga  Penyebab Biduran dan Cara Mengatasi Biduran Dengan Mudah

Jika kebiasaan ini terjadi pada anak-anak, maka orang tua harus bisa bersikap cerdas. Misalnya dengan memberikan mainan mobil-mobilan atau bola kepada anak sehingga bisa menyibukkan tangan anak kita dan menghindarkan dari kebiasaan mengupil.

Tips Mudah Mengatasi Sering Mimisan

sering mimisan

Mimisan ringan bisa diatasi sendiri tanpa harus pergi ke Dokter, berikut ini tips dan cara mengatasi mimisan

• Langkah pertama adalah tetap tenang

Jika panik dan banyak bergerak, hal tersebut justru bisa membuat darah semakin mengucur deras

• Usahakan posisi duduk tegak

Langkah selanjutnya mengatasi sering mimisan adalah dengan posisi duduk tegak dan condongkan kepala sedikit ke depan atau sedikit menunduk sehingga darah bisa keluar lewat hidung. Sebaliknya, posisi terbaring atau mendongakkan kepala justru akan membuat darah masuk kembali ke tenggorokan dan mengganggu pernafasan

• Tekan batang hidung menggunakan ibu jari dan telunjuk

Langkah selanjutnya mencegah sering mimisan adalah dengan menekan batang hidung menggunakan ibu jari dan telunjuk, kemudian tahan selama 10 menit. Langkah ini akan memberi tekanan pada sumber pendarahan sehingga pendarahan bisa berhenti. Anda bisa melakukan pernafasan mulut (posisi mulut terbuka) ketika melakukan langkah ini

• Kompres pangkal hidung dengan es batu

Langkah selanjutnya adalah kompres pangkal hidung dengan es batu yang dibungkus dengan handuk atau kain lembut. Dengan mengompres menggunakan es batu, akan menyempitkan pembuluh darah sehingga pendarahan berhenti

Baca Juga  8 Penyebab Anak Mimisan Yang Harus Anda Waspadai Sekarang Juga

Itulah tadi artikel mengenai penyebab mimisan dan cara mengatasi sering mimisan dan Semoga memberi manfaat agar keluarga kita terhindar dari mimisan dan lebih tenang serta tidak panik ketika menghadapi mimisan.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *