manfaat shampo kuda
Shampo Kuda Terbaik dan Bermanfaat untuk Anda
August 3, 2018
Manfaat daun sirih merah
10 Manfaat Daun Sirih Merah Ini Jarang Diketahui Banyak Orang
August 6, 2018

6 Penyebab Pembuluh Darah Pecah dan Tips Mencegahnya

penyebab pembuluh darah pecah

Penyebab Pembuluh Darah Pecah – Di dalam tubuh manusia terdapat suatu organ penting yang dinamakan pembuluh darah, dimana pembuluh darah berfungsi untuk menjaga pasokan nutirsi dan oksigen agar tetap stabil.

Panjangnya pembuluh darah manusia mencapai 96 kilometer atau jika disamakan panjang pembuluh manusia yang ditarik garis lurus sama dengan kita mengelilingi bumi sebanyak dua kali.

Lalu bagaimana jika pembuluh darah di dalam tubuh manusia itu pecah? Dan apa penyebab pecahnya pembuluh darah? Nah. Dikesampatan kali ini Saya akan sedikit mengulas tentang bahya dan penyebab pecahnya pembuluh darah manusia. Berikut informasi lengkapnya:

Ternyata Inilah Penyebab Pembuluh Darah Pecah Pada Manusia:

penyebab pembuluh darah pecah

1. Aneurisma

Penyebab pembuluh darah pecah yang pertama disebabkan oleh aneurisma. Aneurisma adalah pembengkakan yang terjadi pada dinding pembuluh darah.

Pembengkakan ini biasanya terjadi di persimpangan arteri besar yang berada di bawah otak yang disebut sering disebut lingkaran willis. Pembengkakan dinding pembuluh darah akan terlihat seperti kantung yang jika ia pecah darah akan membanjiri seluruh organ tubuh hingga ke dalam otak hingga menimbulkan penyakit serius yang menngancam jiwa manusia.

Baca Juga  Hal yang Tidak Anda Ketahui Tentang Tantrum

Aneurisma bisanya menyerang mereka yang memiliki tekanan darah tinggi, trauma otak akibat kecelakaan, infeksi otak, ginjal, aterosklerosis dan diabetes. Gejala aneurisma otak yang sudah pecah biasanya ditandai dengan gejala-gejala seperti di bawah ini:

– Penderita mengalami sakit kepala hebat hingga migraine

– Pengelihatan menjadi kabur

– Merasa mual dan muntah

– Sakit leher hingga leher terasa kaku

– Dilatasi pupil

– Mengalami kejang-kejang

– Terasa nyeri yang terjadi di atas mata dan juga di belakang mata

Untuk gejala aneurisma otak yang belum pecah biasanya dapat dilihat jika saat kepalanya ditekan pasien akan mengalami hal-hal berikut ini:

– Sakit kepala tak tertahankan

– Pengelihatan berkurang

– Kesulitan berbicara

– Tiba-tiba menderiita gangguan presepsi

– Mengalami kelelahan

– Sulit untuk berkonsentrasi

– Hilang memori jangka pendek

Diagnosa aneurisma bisa dilakukan dengan CT scan, MRI, angiografi dan ekokardiografi. Pengangannya pun bisa dengan pemantaunan oleh dokter perihal sudah berapa besar pembuluh darah yang membengkak hingga operasi.

Aneurisma dapat dicegah jika kita menjalani gaya hidup sehat seperti olahraga, tidak merokok, mengontrol tekanan darah dan menjaga tingkat kolesterol dalam tubuh.

2. Hipertensi atau Tekanan Darah Tinggi

Penyebab pembuluh darah pecah yang selanjutnya adalah karena hipertensi, dimana hipertensi jangan dianggap remeh karena, jika tidak segera ditangani hipertensi dapat menyebabkan hadan menyebabkan penyakit stroke hingga kematian.

Jika Anda mengalami masalah pada tekanan darah, maka segeralah konslutasikan pada dokter untuk cara penanganannya. Anda juga dapat mengkonsumsi makanan-makanan sehat seperti sayur-sayuran, buah-buahan yang dapat menjaga kestabilan darah Anda.

3. Menderita Tumor Otak

Penyebab pembuluh darah pecah yang selanjutnya karena tumor otak. Tumor otak terjadi karena sel otak berkembang secara tidak wajar.

Namun, tidak semua tumor otak itu berbahya akan tetapi jika tumor tersebut menyebabkan pembuluh darah pecah maka akan berakibat fatal hingga menyebabkan kematian.

4. Menderita Angiopati Amyloid

Kejadian semacam ini biasanya terjadi pada manusia yang sudah berusia lanjut. Kondisi ini disebabkan oleh kelaianan pada pembuluh darah karena faktor usia ataupun hipertensi.

Angiopati amyloid dapat didiagnosa dengan tindakan MRI, GRE yang mampu mendeteksi besar kecilnya angiopati amyloid yang telah berkembang di dalam tubuh penderitanya.

Baca Juga  Manfaat Penting Jeruk Nipis untuk Jerawat

Gejala angiopati amyloid biasanya akan bisa ditandai jika sudah memasuki level parah, penderita bisanya akan mengalami gejala seperti kehilangan memori, penurunan pada fungsi otak, gangguan pengelihatan, kejang, koma hingga berujung pada kematian.

5. Anemia

Penyebab pembuluh darah pecah selanjutnya karena anemia juga menjadi salah satu penyebab pecahnya pembuluh darah manusia. Secara umum anemia adalah kurangnya pasokan darah dalam tubuh. Penderita anemia biasanya akan mengalami gejala tubuh lemas hingga pingsan dan butuh tranfusi darah.

Anemia jenis sel sabit merupakan jenis penyakit yang memicu pecahnya pembuluh darah yang akan berpengaruh juga pada menurunnya kadar trombosit di dalam tubuh.

6. Menderita Kelainan Hati

Hati merupakan organ penting di dalam tubuh selain jantung dan hati berfungsi untuk menetralisir racun, sebagai pengatur sirkulasi hormon dan juga mengkoordinir komposisi darah hingga pembuatan empedu.

Kelainan hati juga menjadi faktor utama Penyebabhal tersebut. Liver, hepatitis, dan tumor hati adalah jenis-jenis penyakit hati yang penting untuk segera ditangani agar tidak menyebabkan kondisi serius hingga pecah pembuluh darah.

Tips Mencegah Agar Tidak Terjadi Pecah Pembuluh Darah

 pembuluh darah pecah

Jika sudah mengetahui sebab-sebab pecahnya pembuluh darah, di bawah ini merupakan cara mencegah agar tidak terjadi pecah pembuluh darah di dalam tubuh.

– Olahraga Secara Teratur

Olahraga sangat penting bagi kesehatan tubuh manusia termasuk untuk mencegah pecahnya pecah pembuluh darah.

Dengan berolahraga aliran darah akan berjalan lancar, tubuh akan terasa sehat dan segar sepanjang hari. Usahakan untuk meluangkan setidaknya 1-2 jam dalam setiap pagi hari untuk berolahraga ringan seperti senam, jogging dan lari kecil keliling kompleks.

Menjaga Tekanan Darah Agar Tetap Stabil

Jika Anda mengalami tekanan darah tinggi usahakan untuk selalu menjaga kestabilan tekanan darah agar terhindar dari pecahnya pembuluh darah. Usahakan untuk selalu berfikir positif, menghindari stress dan menjaga pola makan setiap harinya.

Baca Juga  Efek Samping Cream Wardah Bagi Kesehatan Kulit

Selalu Menjaga Pola Makan Dengan Baik

Menjaga pola makan sangat baik untuk mencegah terjadinya pecah pembuluh darah.

Rajin mengkonsumsi buah dan sayur serta mengurangi makan-makanan berpengawet dapat Anda terapkan untuk menjaga kesehatan tubuh.

Pola makan tidak sehat akan berpengaruh pada kesehatan tubuh hingga berdampak pada terjadinya berbagai macam penyakit hingga yan

Artikel Terkait

Rina Hutapea

Hai Guys, selamat datang di laman ini. Perkenalkan nama saya Rina Hutapea, dan saat ini aktif menulis Novel, cerpen, cerbung dan juga artikel. Sebagai seorang yang hobby menulis, traveling dan membaca adalah senjata utama untuk menemukan ide-ide baru.

Namun akan lebih baik lagi jika teman-teman pembaca selalu memberikan kritik dan juga saran, supaya saya bisa menghasilkan tulisan yang lebih baik lagi kedepannya.

Teman-teman juga bisa menghubungi lewat account Instagram Rina_hutapea13, semoga setiap rangkaian kata di laman ini bisa bermanfaat untuk kita semua, terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *