manfaat jamu kunyit asam
Minum Secara Rutin dan Dapatkan 12 Manfaat Jamu Kunyit Asam
November 13, 2018
minyak zaitun wardah
Manfaat Minyak Zaitun Wardah Untuk Kecantikan Berikut Harganya
November 14, 2018

Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kiri dan 6 Cara Mencegahnya

penyebab sakit pinggang sebelah kiri

Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kiri – Sakit pinggang bisa dialami siapa saja, terutama yang sudah menginjak usia 30 sampai 50 tahun atau yang memiliki aktivitas berat. Saat usia menua, kekuatan tulang semakin menurun dan rapuh.

Baca Juga  10 Ciri Ciri Amandel Meradang yang Perlu Anda Waspadai

Sakit pinggang akan sangat mengganggu dan membuat tidak nyaman. Rasa sakit bisa dialami pada pinggang sebelah kiri, kanan, atau tengah, tapi yang paling sering memang sakit pinggang sebelah kiri. Rasa sakit yang dirasakan sangat beragam tergantung seberapa parah sakit pinggang yang diderita.

penyebab sakit pinggang sebelah kiri

6 Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kiri yang Perlu Anda Ketahui

Rasa sakit yang dialami pinggang sebelah kiri bisa disebabkan berbagai kondisi. Nah, sebenarnya apa saja penyebab sakit pinggang sebelah kiri ini? Temukan jawabannya pada ulasan berikut

1.Otot tegang

Otot tegang bisa diakibatkan gaya hidup yang tidak sehat seperti duduk berjam-jam di depan komputer maupun aktivitas fisik berat yang tidak biasa dilakukan. Jika seseorang melakukan gerakan punggung yang terlalu berat , maka otot punggung bisa tertarik yang mengakibatkan otot punggung manjadi tegang.

Kondisi ini ditandai dengan munculnya rasa sakit pada pinggang. Untungnya otot yang tegang bisa kembali normal cukup dengan istirahat yang cukup. Selain itu anda juga bisa melakukan kompres es sehingga rasa sakit menjadi berkurang.

2.Saraf kejepit atau skiatika

Skiatika merupakan kondisi dimana timbul rasa nyeri di sepanjang saraf panggul (sciatic nerve). Rasa nyeri ini timbul akibat saraf terjepit atau gangguan lain yang menekan saraf panggul atau saraf penghubung antara tulang belakang dan saraf tungkai.

Rasa sakit akibat skiatika dirasakan pada pinggang kiri dan kanan, tungkai, pinggul, sampai menjalar ke kaki, ditandai dengan mati rasa dan kesemutan yang hebat. Tingkat rasa sakit yang dirasakan bisa bervariasi, dari ringan sampai berat.

Untuk mengurangi rasa sakit dan menormalkan fungsi saraf panggul, bisa dilakukan secara mandiri yaitu dengan kompres hangat maupun dingin atau dengan mengkonsumsi obat pereda nyeri yang tersedia di apotik.

Baca Juga  Penyebab Cantengan dan Cara Mudah Mengatasinnya

3.Cedera fisik

Cedera ataupun keseleo saat melakukan gerakan yang tiba-tiba, salah gerakan, ataupun terjatuh juga bisa menjadi penyebab sakit pinggang sebelah kiri. Cedera tersebut bisa diakibatkan karena tulang panggul yang patah ataupun kerusakan otot pada pinggang sebelah kiri. Rasa sakit biasanya segera dirasakan setelah seseorang mengalami cedera.

penyebab sakit pinggang sebelah kiri

4.Gangguan ginjal

Sebagaimana kita ketahui bahwa terdapat dua ginjal yang letaknya di bagian pinggang kita, yaitu di sebelah kiri dan kanan. Nah, jika anda merasakan sakit pinggang sebelah kiri, bisa jadi itu diakibatkan masalah pada ginjal kiri.

Gangguan apapun pada ginjal baik berupa batu ginjal ataupun infeksi ginjal, umumnya akan mengakibatkan sakit pada pinggang.

Terlebih jika sakit pinggang disertai dengan gejala lainnya, seperti nyeri dalam keadaan berat, buang air kecil disertai darah, nyeri disertai mual dan muntah, ataupun buang air lebih sering daripada biasanya. Jadi jika nyeri pinggang disertai dengan gejala-gejala di atas, maka besar kemungkinan nyeri pinggang tersebut diakibatkan gangguan ginjal.

Baca Juga  Tenggorokan Sakit Saat Menelan Ludah? Obati dengan Cara Alami Ini

5.Penyempitan tulang belakang atau stenosis spinal

Stenosis spinal adalah tertekannya saraf tulang belakang sebagai akibat dari penyempitan ruas tulang belakang.

Bagian yang paling terkena dampak akibat kelainan ini adalah punggung bawah dan leher, sehingga memicu sakit pinggang. Penyebab utama penyakit ini adalah karena faktor penuaan, makanya penderita biasanya berusia 50 tahun ke atas.

Seseorang yang mengalami penyakit ini ditandai dengan gejala-gejala diantaranya sakit punggung, mati rasa, kram, maupun melemahnya dan hilangnya kekuatan. Pada tingkat yang parah, penderita akan merasa kesakitan ketika berdiri maupun berjalan.

Baca Juga  Telinga Berdenging Sebelah Kiri dan Kanan? Ini Penyebabnya

Untuk perawatan awal, bisa dilakukan dengan terapi fisik yang bertujuan untuk menjaga keseimbangan tubuh. Adapun untuk mengurangi rasa nyeri, bisa diberikan obat-obatan anti depresan, relaxers otot, maupun obat non steroid.

Artikel Terkait

Andik Dwikuntoro

Hallo semuanya. Perkenalkan, nama saya Andik. Aku lahir, besar, dan tumbuh di Yogyakarta. Jadi aku merasa ada ikatan yang kuat dengan kota gudeg ini.

Awal mula perkenalanku dengan dunia menulis adalah, ketika aku direkrut menjadi penulis buku di salah satu perusahaan alat pendidikan di Jogja. O ya, salah satu buku karanganku sedang dalam proses cetak oleh perusahaan penerbit di Jogja lho. Doakan aja biar cepat terbit ya.

Biasanya aku menulis topik gaya hidup, tips, dan kesehatan. Buat aku, aktivitas menulis artikel itu sangat menyenangkan, karena ada kepuasan tersendiri ketika kita bisa berbagi informasi maupun ide.

Disamping itu, menulis juga bisa dilakukan di mana aja dan kapan saja. Selain menulis, aku punya hobby lainnya, yaitu jogging. Nah, itu dulu perkenalannya ya. Terima kasih dan salam kenal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *