4 Cara Memerahkan Bibir Dengan Madu, Good Bye Bibir Hitam
September 12, 2018
cara mengatasi gigi ngilu
5 Cara Mengatasi Gigi Ngilu Yang Bisa Dicoba Dirumah
September 13, 2018

8 Penyebab Telinga Berdengung, Salah Satunya Akibat Stres

penyebab telinga berdengung

Penyebab Telinga Berdengung – Sebagian orang pernah mengalami telinga berdengung. Kondisi – kondisi tertentu dapat menyebabkan telinga berdengung. Misalnya saja ketika telinga kemasukan air ataupun saat naik pesawat.

Telinga berdengung akan hilang dengan sendirinya, namun terkadang hal ini terasa sangat mengganggu. Apabila telinga berdengung terjadi dalam jangka waktu yang lama, tentunya akan mengusik bahkan dapat menyebabkan tekanan psikologis.

Baca Juga  Telinga Berdenging Sebelah Kiri dan Kanan? Ini Penyebabnya

Telinga berdengung biasa disebut tinnitus dalam dunia kedokteran. Kondisi ini ditandai dengan terdengarnya suara dengingan, dengungan atau jenis suara lain yang berasal dari kepala atau telinga. Tinnitus atau telinga berdengung ini bukanlah suatu penyakit tetapi merupakan suatu gejala yang sebaiknya dicari penyebabnya.

Telinga Bedengung Terbagi 2 Jenis

Ada 2 jenis tinnitus yaitu tinnitus subjektif dan tinnitus objektif. Tinnitus subjektif umumna hanya dapat didengar oleh penderita sendiri. Sedangkan tinnitus objektif umumnya dapat didengar penderita dan dokter yang memeriksa.

Terkadang kemunculan telinga berdengung secara tiba – tiba membuat seseorang merasa kebingungan. Pasalnya tidak semua orang tahu penyebab berdengung. Jika Anda belum mengetahui apa saja yang bisa menjadi penyebab telinga berdengung, simak penjelasannya berikut ini.

penyebab telinga berdengung

8 Penyebab Telinga Berdengung, Salah Satunya Akibat Stres

Kerusakan sel bagian dalam seringkali ditemukan sebagai penyebab yang umum telinga berdengung. Di dalam telinga bagian dalam, terdapat rambut – rambut kecil yang pergerakannya tergantung pada tekanan gelombang suara. Pergerakan ini yang menstimulasi sel – sel telinga untuk mengeluarkan sinyal listrik melalui saraf dari telinga menuju ke otak. Sinyal – sinyal ini kemudian akan diinterpretasikan oleh otak sebagai suara.

Jika ternyata rambut – rambut pada telinga bagian dalam mengalami kerusakan, maka bisa terjadi impuls elektrik yang tidak beraturan sehingga menyebabkan telinga berdengung atau tinnitus. Hal – hal yang dapat menyebabkan kerusakan pada rambut – rambut di telinga bagian dalam yaitu usia, paparan terhadap suara keras dalam jangka waktu lama dan karena beberapa obat tertentu.

Baca Juga  Waspada, Inilah 13 Gejala Tipes Pada Orang Dewasa

Telinga berdengung bisa diatasi dengan menentukan berdasarkan letak permasalahan. Agar dapat mengatasi masalah telinga berdengung, ketahuilah penyebab – penyebab telinga berdengung berikut ini :

Selain itu ternyata telinga berdengung juga bisa disebabkan akibat adanya stres entah itu diakibakan oleh masalah tekanan kerjaan atau akibat masalah lainnya, dan berikut di bawah ini adalah ulasannya.

1. Tekanan udara yang kuat

Mungkin Anda pernah merasakan telinga berdengung saat Anda menaiki pesawat terbang. Telinga berdengung ini umumnya terjadi karena tekanan udara di darat, di laut dan di udara berbeda. Tekanan udara saat di ketinggian puluhan ribu kaki akan terasa lebih kuat.

Saat Anda meaniki pesawat yang terbang di ketinggian puluhan ribu kaki, biasanya tekanan udara yang masuk ke telinga Anda lebih kuat sehingga akan menyebabkan telinga berdengung. Tekanan udara di laut juga lebih kuat jika dibandingkan di darat. Pada saat menyelam, terkadang air dan udara masuk ke telinga sehingga dapat menjadi penyebab telinga berdengung.

2. Adanya kotoran telinga yang menumpuk

Penyebab telinga berdengung salah satunya adalah kotoran telinga yang menumpuk. Kotoran telinga dapat membuat iritasi bagian dalam telinga sehingga dapat memunculkan suara berdengung dari dalam.

Saat Anda membersihkan telinga dengan korek kuping, sebaiknya Anda berhati – hati dan perlahan – lahan. Jika Anda tidak berhati – hati dikuatirkan kotoran telinga akan semakin masuk ke dalam telinga.

3. Mendengar suara yang terlalu keras

Suara yang terlalu keras bisa menjadi penyebab telinga berdengung. Setelah Anda mendengarkan musik yang keras lalu Anda ke tempat yang hening maka akan terjadi ketidakseimbangan telinga dalam menerima suara. Itu sebabnya terkadang muncul dengungan di telinga.

4. Mengonsumsi obat – obat tertentu

Mengonsumsi obat – obat tertentu terkadang bisa menjadi penyebab telinga berdengung. Pasalnya beberapa jenis obat seperti antibiotik, aspirin atau kina mempunyai efek samping yang dapat menyebabkan telinga berdengung. Biasanya telinga berdengung akan hilang ketika konsumsi obat dihentikan.

penyebab telinga berdengung

5. Stres dan depresi

Stres dan depresi dapat menjadi penyebab telinga menjadi berdengung. Terkadang telinga berdengung terjadi ketika seseorang merasakan emosi atau cemas yang berlebihan.

Contohnya saja ketika kita merasakan tekanan pekerjaan dari atasan ditambah dengan adanya permasalahan di rumah, maka kita bisa mengalami telinga yang terasa mendengung.

Dan untuk mengatasi permasalahan tersebut cobalah untuk lebih relaks atau enjoy ketika menghadapi permasalahan dan cobalah untuk liburan sejenak untuk menghilangkan penat pekerjaan.

Baca Juga  Kenali Segera Ciri Ciri Tipes Pada Anak Sebelum Terlambat

6. Bertambahnya usia

Pendengaran seseorang akan menurun seiring dengan bertambahnya usia. Ketika seseorang mengalami fungsi pendengaran yang menurun, terkadang mereka juga merasakan telinga berdengung.

7. Perubahan postur tubuh

Ketika seseorang bangun dari tidur secara cepat tanpa jeda sebentar, akan terjadi perubahan postur tubuh yang mendadak. Pergerakan tubuh secara tiba – tiba memberikan perubahan pada otot, saraf dan pembuluh darah di sekitar telinga. Sehingga perubahan postur tubuh yang tiba – tiba dapat menyebabkan telinga berdengung.

8. Adanya penyakit atau kondisi kesehatan tertentu

Telinga berdengung bisa menjadi pertanda adanya penyakit atau kondisi kesehatan tertentu. Terkadang penyakit seperti hipertensi dapat menjadi penyebab telinga menjadi berdengung. Telinga berdengung juga bisa muncul karena adanya tumor dikepala atau leher yang menekan pembuluh darah kepala atau leher di dekat telinga sehingga menghasilkan suara berdengung di telinga.

Tidak ada obat khusus untuk telinga berdengung, namun dengan menghilangkan atau menyembuhkan penyebab telinga menjadi berdengung merupakan cara yang cukup efektif untuk mengatasi telinga berdengung.

Jika Anda mengalami telinga berdengung dan tidak mengetahui penyebab pastinya, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis THT.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *