cara mendaftar npwp online
Bagaimanakah Cara Mendaftar NPWP Online? Simak Tips Mudahnya
October 1, 2018
Begini Cara Menghilangkan Dengkuran dengan Benar
October 1, 2018

Inilah Perbedaan Kucing Persia dan Anggora yang Benar

Perbedaan Kucing Persia dan Anggora – Tidak sedikit orang yang salah beranggapan mengenai kucing anggora. Nama kucing anggora digunakan untuk menyebut jenis kucing dengan bulu lebat panjang dan berperilaku malas menggemaskan. Padahal, ciri-ciri tersebut dimiliki oleh kucing persia.

Apakah kamu juga begitu? Jadi, apa sebenarnya perbedaan kucing persia dan anggora? Simak ulasan dari kami mengenai beberapa perbedaan kucing persia dan anggora berdasarkan beberapa aspek, berikut ini:

  1. Bentuk wajah dan bulu

Kucing anggora memiliki bentuk wajah yang lebih intimidatif, yaitu segitiga tanpa bulu lebat. Hidungnya juga seperti hidung kucing kampung biasa. Bulu kucing anggora juga tidak terlalu panjang. Hanya pada bagian leher dan ekorlah yang tumbuh lebih panjang dan lebat.

 

Kucing persia memiliki bentuk wajah yang terlihat lebih bulat. Hal tersebut dikarenakan pada wajah kucing persia terdapat bulu panjang yang membuatnya tampak lebih jinak. Bulu kucing jenis ini mengembang sehingga membentuknya seperti kapas berjalan.

 

Bulu pada kucing tersebut manipulatif. Dengan bulu panjang, kucing persia menjadi terlihat lebih besar. Padahal, dari segi tinggi, berat, hingga kekokohan tubuh, kucing anggora lebih unggul.

  1. Sifat

Kucing anggora memiliki sifat aktif dan mudah terpancing pada benda-benada yang bergerak. Susunan kerangka tubuhnya juga memungkinkan kucing ini bergerak lincah seperti kucing kampung.

Kucing persia memiliki sifat yang lebih malas. Kucing ini lebih suka dielus ketimbang diajak bermain. Hal tersebut dipengaruhi bentuk tubuh yang berkaki pendek dan tidak cukup aerodinamis.

 

  1. Imunitas

Kamu harus tahu perbedaan kucing persia dan anggora sebelum memutuskan untuk memilihnya sebagai peliharaan.

Seperti kucing kampung, kucing anggora juga kebal terhadap gangguan penyakit. Namun, tentu saja tidak sekuat kucing kampung.

Kucing persia tidak memiliki ketahanan tubuh sebaik kucing anggora. Dia mudah terkena penyakit hanya karena perubahan suhu ruangan atau pun karena makanan yang tidak cocok. Karena bulunya yang panjang, kucing ini juga jadi harus sering di-grooming.

  1. Asal

Baik kucing anggora atau pun kucing persia tidak berasal dari Indonesia. Kucing anggora berasal dari Turki. Sebab itulah kucing ini juga disebut sebagai kucing turkish. Kucing ini sudah dikenal sejak tahun 1600-an di Negara Turki.

 

Baca Juga  Cara Mengusir Tokek Dengan 13 Tips Sederhana Ini

Sementara itu, kucing persia berasal dari Iran. Disebut begitu karena dulu Negara Iran bernama Persia. Kucing tersebut awalnya dibawa ke Italia pada tahun 1620-an, dan akhirnya terus menyebar ke seluruh dunia.

  1. Keturunan

Banyak orang yang salah atau tertipu ketika membeli kucing. Pedagang nakal mengatakan bahwa kucing tersebut adalah kucing anggora, padahal kucing tersebut adalah perkawinan silang antara kucing persia dengan kucing kampung.

 

Keturunan kucing anggora memang jarang sekali “jadi” apabila kawin dengan kucing kampung. Bentuk anaknya akan cenderung menyerupai kucing kampung tetapi lebih malas. Sementara pada perkawinan kucing persia, kecenderungan bentuk anaknya akan terlihat seperti kucing persia asli tetapi memiliki bulu lebih pendek. Ini disebut persia medium.

Nah, agar tidak salah, maka yang perlu kamu perhatikan adalah bulu pada bagian leher dan ekor. Pada kucing anggora, mereka punya leher seperti singa dan ekor seperti kemoceng. Bulu kucing anggora juga lebih teratur, tidak seperti bulu persia medium yang semrawut seperti kapas.

  1. Perbandingan harga

Antara kucing anggora dan kucing persia tidak dapat dibandingkan secara langsung mengenai harganya. Hal tersebut karena kucing anggora tidak terlalu memiliki banyak jenis sementara kucing persia memiliki banyak sekali jenis.

Kucing anggora dapat lebih mahal ketimbang jenis kucing persia dengan bentuk wajah biasa. Namun, kucing anggora lebih murah dibandingkan kucing persia yang memiliki hidung datar atau peaknose.

Satu-satunya hal yang bisa membuat kucing anggora adalah warna. Warna putih bersih dan berumur 4-5 bulan adalah harga termahal untuk kucing anggora. Setelah itu harganya mudah turun. Sementara harga kucing persia lebih lama bertahan, sekalipun sudah beranak berkali-kali.

Nah, itu tadi adalah ulasan singkat mengenai dua kucing yang banyak dipelihara, yaitu kucing anggora dan persia. Sekarang sudah tahu perbedaan kucing persia dan anggora?

Sahabat, memiliki binatang peliharaan itu penting untuk menghilangkan stress. Bahkan binatang peliharaan wajib dimiliki oleh keluarga yang memiliki anggota dengan status autis. Hal tersebut karena ternyata hewan peliharaan sangat efektif sebagai terapis.

Namun, tentu saja kamu jangan sampai salah memilih hewan peliharaan. Jangan sampai hewan peliharaan jadi merepotkan dan menimbulkan berbagai masalah.

 

Baca Juga  Cara Mengusir Cicak dan Cara Membasmi Cicak Di Rumah

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *