cara cepat memanjangkan rambut pria
Cara Cepat Memanjangkan Rambut Pria Dengan 4 Bahan Alami
October 22, 2018
syarat perpanjang paspor
Tidak Perlu Antri! Ini Syarat Perpanjang Paspor yang Harus Siapkan
October 22, 2018

8 Daftar Sayuran Penurun Darah Tinggi Yang Wajib Konsumsi

sayuran penurun darah tinggi

Sayuran Penurun Darah Tinggi – Hipertensi bisa menyerang siapa saja tidak hanya orang dewasa namun remaja pun bisa terkena. Di Indonesia hipertensi atau penyakit darah tinggi cukup menjadi penyakit yang diperhatikan dans ering terjadi. Munculnya darah tinggi dakibatkan tekanan darah yang telah dites mencapai 140/ 90 di mana tekanan darah yang normal adakah 120/80.

Ada banyak yang menyebabkan Anda bisa mengidap tekanan darah tinggi seperti depresi, kelelahan, atau bisa juga karena penyakit turunan. Sedangkan beberapa penyakit darah tinggi juga bisa diakibatkan akibat organ dalam yang bermasalah seperti ginjal atau arteri.

Baca Juga  Manfaat Bunga Rosella untuk Penyakit Ringan hingga Serius

Bagi Anda yang memiliki masalah tekanan darah tinggi akibat depresi atau stress ada beberapa langkah mudah yang dapat dilakukan. Salah satunya mengatur pola makan yang tepat. Dokter biasanya akan memberikan beberapa pantangan dan menyarankan sayuran untuk dikonsumsi.

8 Daftar Sayuran Penurun Darah Tinggi Yang Wajib Konsumsi

sayuran penurun darah tinggi

Nah apa saja sayuran penurun darah tinggi yang wajib Anda konsumsi agar tekanan darah kembali normal? Berikut ini daftar pilihannya:

1. Bawang putih

Walaupun termasuk bumbu dapur, pada dasarnya bawang putih adalah sayuran. Dengan mengkonsumsi bawang putih Ana akan menghindari timbulnya pembekuan darah dalam tubuh. Sehingga bawang putih akan menurunkan tekanan darah tinggi yang Anda miliki.

Sebaiknya konsumsi bawang putih mentah satu atau dua siung setiap harinya. Jika Anda terganggu dengan bau dari bawang putih maka Anda bisa kumur atau sikat gigi setelah memakannya.

Baca Juga  Khasiat Daun Seledri Untuk Kesehatan dan Kecantikan

2. Seledri

Tanaman hijau selederi yang memiliki harum sangat menyenangkan dan sering digunakan pada banyak jenis masakans egar ini akan membantu Anda untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Adanya kandungan kalsium dan kalium ini akan mengendalikan darah tinggi dan kembali menjadi normal.

Untuk konsumsinya Anda bisa memb

at jus selederi, jika tidak suka dengan bau dan rasa langu dari sayur Anda bisa menambahkan perasan jeruk nipis.

3. Bayam

Jenis sayuran penurun darah tinggi selanjutnya adalah bayam. Adanya kandungan zat besi yang tinggi pada bayam akan menurunkan tekanan darah tinggi pada manusia. Anda bisa mengkonsumsi bayam dalam bentuk salad atau dalam bentuk sayur.

Ada dua jenis bayam yaitu bayam hijau dan bayam merah. Keduanya memiliki kemampuan yang baik terutama bayam merah yang akan meningkatkan peredaran darah menjadi lebih lancar. Tak hanya itu bayam adalah sayuran yang kaya akan serat sehingga juga akan melancarkan kerja pencernaan.

4. Buncis

Sayuran hijau lainnya adalah buncis. Kandungan mineral dan vitamin dalam 1 ons buncis sangat tinggi maka biasanya digunakan sebagai sayuran pendamping steak. Kandungan ini akan menurunkan darah tinggi jika Anda mengkonsumsinya setiap hari.

sayuran penurun darah tinggi

5. Kedelai

Kandungan kalium dan juga kalsium dari kedelai akan menurunkan darah tinggi yang Anda miliki. Anda bisa mengkonsumsi kedelai yang telah diolah menjadi tempe atau mengkonsumsinya secara langsung. Tidak ada ruginya mengkonsumi kedelai karena rasanya juga enak. Anda juga bisa minum susu kedelai tanpa dicampur dengan gula namun bisa diganti dengan campuran madu.

Baca Juga  Tak Perlu Ke Dokter, 8 Buah Penurun Tensi Ini Harus Kamu Konsumsi

6. Timun

Kandungan potasium yang dihasilkan oleh timun sangat tinggi dan menurunkan darah tinggi sangat cepat. Banyak dokter yang menyarankan untuk makan timun di setiap menu makanan para penderita hipertensi. Jika Anda ingin mengkonsumsi timun lakukan sebagai lalapan atau bahkan camilan.

7. Kentang

Kentang adalah tanaman karbohidrat yang digunakan orang sedang diet sebagai pengganti nasi. Ternyata di dalam kentang kandungan potasium juga cukup tinggi seperti timun. Tidak hanya itu kandungan magnesium akan membantu untuk menurunkan kadar darah tinggi.

Jika Anda ingin menurunkan darah tinggi dengan cepat tambahkan kentang dalam menu makan sebagai pengganti nasi. Anda juga bisa mengkonsumsi kentang rebus namun jangan pilih keripik kentang kemasan karena di dalamnya terdapat kendungan lemak jahat.

8. Kacang lima

Jika Anda bisa mendapatkan kacang lima maka Anda bisa menurunkan darah tinggi dengan cepat. Kacang lima adalah makanan yang berasl dari Amerika Latin, Peru. Kacang lima memiliki kandungan kalium yang sangat tinggi dengan serat dan protein di dalamnya.

Untuk mengkonsumsi kacang ini Anda bisa merebus kemudian mencampurkannya dengan sayuran sebagai salad. Jika Anda suka Anda bisa langsung mengkonsumsinya sebagai snack. Jangan tambahkan garam karena garam adalah pantangan bagi penderita hipertensi.

Baca Juga  6 Penyebab Pembuluh Darah Pecah dan Tips Mencegahnya

Tidak hanya sayuran penurun darah tinggi yang dianjurkan saja namun ada beberapa makanan yang menjadi pantangan. Penderita hipertensi dilarang untuk mengkonsumi garam karena kandungan nutrium yang tinggi. Sama halnya seperti bumbu masak kemasan lainnya yang juga dilarang.

Seorang penderita hipertensi juga dilarang untuk mengkonsumsi gula. Gula atau sesuatu rasa yang manis bukan alami atau buatan tidak hanya meningkatkan darah tinggi namun juga akan meningkatkan kadar lemak dalam tubuh. Orang yang menyukai mengkonsumsi gula berlebihan memiliki resiko obesitas kedepannya. Khususnya bagi wanita, sehingga konsumsi gula pun harus dibatasi dari sekarang.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *