ielts preparation course jakarta
3 Lembaga Untuk IELTS Preparation Course Jakarta Paling Rekomendasi
November 8, 2018
toefl ibt jakarta
Wajib Tahu, Ini Perbedaan Mencolok TOEFL IBT Jakarta dan TOEFL ITP
November 8, 2018

Lambang, Jumlah dan Sistem Pemerintahan Jerman yang Perlu Diketahui

sistem pemerintahan jerman

Sistem Pemerintahan Jerman – Seperti yang sudah Kita ketahui bahwa negara jerman termasuk ke dalam Benua Eropa, tepatnya di Eropa Barat. Republik Federal Jerman adalah negara berbentuk federasi dengan di dalamnya terdapat 13 negara bagian dan 3 kota setara dengan negara bagian. Negara-negara bagian tersebut, yaitu:

Berlin, Bremen, Sachsen, Nordrhein-Westfalen, Thuringia, Hamburg, Niedersachsen, Schleswig-Holstein, Saxony-Anhalt, Rhineland-Palatinate, Bavaria, Brandenburg, Saarland, Mecklenburg-Vorpommern, Baden-Württemberg, dan Hesse.

Dengan luas tidak lebih dari 3 kali pulau Jawa, Jerman menjadi negara penting dengan 82 juta jiwanya. Jumlah penduduk tersebut adalah yang terbesar di anggota Uni Eropa dan menjadi yang paling unik karena Jerman merupakan negara dengan penduduk imigran terbesar ketiga.

Jerman baru terbentuk sekitar 1871 setelah terjadi perang antara Perancis dan Prusia. Penyatuan ini awalnya didasarkan atas kesamaan bahasa, namun kemudian Austria dan Hungaria berpisah. Pada sejarah modernnya, Jerman juga sempat terpecah menjadi bagian barat dan timur, yaitu pada tahun 1949 sebelum akhirnya pada 1990 kembali menyatu.

lambang negara jerman

Wajib Tahu, Inilah Kota Penting Di Jerman

(sistem pemerintahan Jerman, lambang Negara Jerman, jumlah penduduk Jerman)

Dari beberapa negara bagian yang ada, tidak dapat dipungkiri bahwa beberapa diantaranya memegang peranan penting dalam membangun Jerman sebagai negara yang diperhitungkan oleh negara lain. beberapa negara bagian atau kota yang penting bagi Jerman adalah sebagai berikut:

1. Berlin

Seperti negara-negara lain pada umumnya, ibukota menjadi tempat yang paling penting. Selain itu, Berlin menjadi lebih penting bagi Jerman dengan adanya monumen-monumen kebanggaan. Salah satu monumen yang dibanggakan masyarakat Jerman adalah monumen pemersatuan antara Jerman Barat dan Jerman Timur.

Selain itu, Berlin juga selalu terlibat dalam setiap pergantian pemerintahan bahkan pergantian bentuk dan nama negara di daratan tersebut. maka, tanpa Berlin, sama saja Jerman kehilangan sejarah.

Baca Juga  Berburu Beasiswa S2 Jerman, Ini Daftar Lengkapnya

2. Fankfurt

Walau pun Berlin menjadi kota yang sibuk di Jerman, namun Frankfurt-lah yang menjadi pusat ekonomi dan bisnis di Jerman. Di negara bagian inilah terletak beberapa penggerak ekonomi Eropa seperti European Central Bank dan Stock Exchange. Di sana juga bahkan banyak universitas dengan fakultas bisnis terbaik.

3. Munich

Salah satu Negara Bagian Jerman yang terletak di sebelah selatan ini berada di bawah kaki Gunung Alpen Bavaria. Anda tentu sudah bisa membayangkan suasananya seperti apa. Dengan segala perlengkapan alam dan budayanya, negara bagian ini adalah ujung tombak pariwisata Jerman.

Negara bagian ini sangat cocok bagi Anda yang suka dengan festival karena ada sebuah festival yang paling terkenal dari Munich, yaitu Oktoberfest. Berkat itu, Munich memiliki julukan sebagai ‘the Capital of Beer’ dan berhasil menarik banyak wisatawan ke Jerman.

lambang negara jerman
Apakah Lambang Negara Jerman?

(sistem pemerintahan Jerman, lambang Negara Jerman, jumlah penduduk Jerman)

Sebagai negara yang berdaulat dan resmi, Jerman memiliki beberapa dan lambang negara. Bendera lambangnya sudah banyak dikenal masyarakat dunia melalui Tim Nasional Sepak Bola mereka, yaitu bendera dengan warna hitam, merah, dan kuning berlapis dari atas ke bawah.

Sementara itu, lambang negaranya adalah tameng atau perisai kuning yang bergaris luar hitam. Di dalamnya terdapat elang hitam berparuh dan berkaki merah yang menoleh ke arah kanan. Warna tersebut mengacu pada warna bendera mereka. Lambang ini merupakan salah satu lambang tertua di Eropa karena sudah ada sejak abad pertengahan.

Lambang elang dibawa sejak Kekaisaran Romawi dan Kekaisaran Byzatium. Elang dianggap mahkluk yang mewakili sifat tak terkalahkan. Bentuk ini diperkenalkan pada masa akhir Republik Weimer.

Baca Juga  Ingin Melamar Kekasih? Coba Kunjungi 5 Nama Kota Di Jerman Ini

Pada zaman kekuasaan Nazi, Jerman tetap menggunakan lambang elang. Namun, bentuk elang tersebut berbeda dengan adanya unsur swastika dan rangkaian daun ek. Selain itu, di belakang elang yang menoleh ke kiri juga tanpa perisai.

Apakah Sistem Pemerintahan Jerman?

(sistem pemerintahan Jerman, lambang Negara Jerman, jumlah penduduk Jerman)

Jerman adalah negara yang memiliki sistem demokrasi parlementer. Untuk menjalankan pemerintahan sehari-hari, kekuasaan dimiliki oleh konselir yang berperan seperti perdana menteri. Konselir tersebut merupakan peninggalan Kekaisaran Romawi yang masih dimaknai hingga hari ini.

Secara administrasi, sistem yang dianut Jerman adalah negara federasi. Federasi tersebut berjumlah sebanyak 13 negara bagian dan 3 kota setingkat negara bagian, yaitu Berlin, Bremen, dan Hamburg. Dulunya, sempat ada dua negara lain yaitu Austria dan Hungaria.

Nah, sahabat, itu tadi adalah ulasan singkat mengenai sistem pemerintahan Jerman, lambang Negara Jerman, jumlah penduduk Jerman. Itu belum seberapa, karena masih banyak sekali keunikan Jerman yang menambah rasa penasaran untuk mendatanginya.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *