cara menghilangkan bulu ketiak secara alami
Cara Menghilangkan Bulu Ketiak Secara Alami yang Bisa Dicoba Dirumah
December 10, 2018
bahaya bulu kucing
4 Tips Mengatasi Bahaya Bulu Kucing Karena Alergi Dengan Alami
December 12, 2018

Mengenal Sistem Pendidikan di Jerman Dari SD Sampai SMA

sistem pendidikan di jerman

Sistem Pendidikan di Jerman – Kita semua pasti sudah tahu kalau Jerman merupakan salah satu tujuan utama mahasiswa melanjutkan studi, bahkan alumni Jerman sangat dihargai di dunia kerja. Alasannya? Ya, sederhana saja, karena kualitas dan sistem pendidikan di Jerman adalah yang terbaik.

Hal ini pula yang menjadikan Jerman memiliki tradisi yang panjang dalam kesuksesan pendidikan. Bahkan ada 68 nobel bidang ilmu pengetahuan dan kedokteran yang dihasilkan universitas di Jerman.

Baca Juga  Syarat dan Biaya Kuliah di Jerman Yang Perlu Kamu Ketahui

Lalu bagaimana sebenarnya sistem pendidikan di Jerman hingga bisa mempertahankan reputasi cemerlang selama berabad-abad? mulai dari Sekolah dasar Sampai kuliah? berikut ini adalah ulasannya, diantaranya:

pendidikan di jerman
Mengenal Sistem Pendidikan di Jerman Dari SD Sampai SMA

Perlu Anda ketahui bahwa, wajib belajar di Jerman dimulai saat usia anak 6 tahun hingga tingkat menengah. Seluruh sekolah di Jerman memiliki kualitas mumpuni dan 100% gratis biaya sekolah dari TK sampai Universitas. Berikut ini tingkatan pendidikan di Jerman

1.Sekolah Dasar atau Grundschule

SD di Jerman berlangsung selama 4 tahun dan untuk anak yang sudah berumur 6 tahun atau lebih. Bahkan jika anak berusia 5 tahun 11 bulan tetap belum bisa masuk SD, tetapi harus masuk TK terlebih dahulu. Biaya sekolah SD gratis, orang tua hanya dibebankan membeli alat tulis. Walau gratis, kualitas SD di Jerman sangat bagus.

Untuk menentukan kelulusan tidak ada ujian khusus seperti UN di Indonesia. Jika mendapat nilai baik dan sangat baik, siswa dapat melanjutkan ke Gymnasium. Untuk nilai rata-rata atau sedang, siswa dapat masuk ke Realschule atau Gesamtschule. Sedangkan kalau nilai buruk, siswa harus masuk Hauptschule.

sistem sekolah di jerman

2.Sekolah Menengah atau Sekundärstufe 1

Setelah Grundschule, tingkat setelahnya adalah Sekolah Menengah atau Sekundärstufe 1 yang terdiri dari Hauptschule, Realschule, Gesamtschule, dan Gymnasium.

– Hauptschule

Hauptschule berlangsung dari kelas 5 sampai 9 atau 10. Di Hauptschule, siswa tidak hanya belajar mata pelajaran reguler, tetapi belajar juga kebutuhan praktis untuk bekerja seperti bengkel, pertukangan, dll. Jadi, Hauptschule memang mempersiapkan siswa untuk bekerja. Hanya siswa dengan nilai baik atau sangat baik yang dapat mengikuti Abitur. Abitur merupakan tes sebagai syarat kuliah di universitas.

Baca Juga  Begini 4 Cara Mendaftarkan GMAT Test Jakarta Dengan Mudah

Lulusan Hauptschule bisa langsung mengikuti Ausbildung (kerja praktek) selama 3 tahun. Di Ausbildung tidak hanya belajar teori, tapi benar-benar praktek agar siap ke dunia kerja sebenarnya. Bahkan selama praktek atau magang di perusahaan, siswa akan mendapatkan gaji.

– Realschule

Realschule merupakan semacam sekolah kejuruan yang berlangsung dari kelas 5 sampai 10. Hampir sama dengan Hauptschule juga dipersiapkan untuk bekerja dan lulusannya akan mengikuti Ausbildung. Bedanya lulusan Realschule cukup memiliki nilai rata-rata agar bisa mengikuti Abitur. Jadi lulusan Realschule dilatih siap kerja, tapi juga punya peluang besar untuk melanjutkan kuliah.

– Gymnasium

Gymnasium berlangsung dari kelas 5 hingga kelas 12 atau 13. Di Gymnasium siswa belajar Fisika, Kimia, Biologi dll dengan bobot teori yang prosentasenya tinggi. Di akhir tahun, siswa akan menjalani tes Abitur yang dibutuhkan untuk masuk perguruan tinggi. Jadi siswa Gymnasium memang dipersiapkan untuk melanjutkan kuliah di perguruan tinggi.

3. Gesamtschule (sekolah campuran)

Jenis terakhir dari Sekolah Menengah di Jerman adalah Gesamtschule yang menggabungkan ketiga jenis sekolah di atas. Penggabungan ini karena siswa pada kelas 4 belum bisa menentukan pilihan yang sesuai dengan kemampuannya.

Yang menarik dari sistem pendidikan Jerman ini, siswa dapat pindah ke jenis sekolah lainnya sesuai dengan kemamuan siswa. Sistem ini bisa membuat potensi siswa terasah dengan lebih maksimal. Sehingga apapun jenis pekerjaan di Jerman, pekerjanya memiliki kualitas yang tinggi karena sudah terlatihsejak dari sekolah menengah.

Baca Juga  7 Universitas Di Jerman Terkemuka Jurusan Arsitektur Ternama

Nah itu tadi sekilas mengenai sistem pendidikan di Jerman. Tertarik? Buat kamu yang tertarik melanjutkan studi di Jerman, kamu bisa hubungi Virtu Education di (021)-300-19-979/ 0812-89-8000-26 atau klik aja www.virtueducation.org. Virtu Education merupakan konsultan pendidikan tinggi Eropa yang dipelopori oleh alumni Jerman dan telah membantu pelajar Indonesia kuliah di Eropa.

Artikel Terkait

Andik Dwikuntoro

Hallo semuanya. Perkenalkan, nama saya Andik. Aku lahir, besar, dan tumbuh di Yogyakarta. Jadi aku merasa ada ikatan yang kuat dengan kota gudeg ini.

Awal mula perkenalanku dengan dunia menulis adalah, ketika aku direkrut menjadi penulis buku di salah satu perusahaan alat pendidikan di Jogja. O ya, salah satu buku karanganku sedang dalam proses cetak oleh perusahaan penerbit di Jogja lho. Doakan aja biar cepat terbit ya.

Biasanya aku menulis topik gaya hidup, tips, dan kesehatan. Buat aku, aktivitas menulis artikel itu sangat menyenangkan, karena ada kepuasan tersendiri ketika kita bisa berbagi informasi maupun ide.

Disamping itu, menulis juga bisa dilakukan di mana aja dan kapan saja. Selain menulis, aku punya hobby lainnya, yaitu jogging. Nah, itu dulu perkenalannya ya. Terima kasih dan salam kenal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *