manfaat buah okra
Manfaat Buah Okra yang Mengejutkan Untuk Kesehatan Tubuh
September 25, 2018
laju endap darah tinggi
Awas, Laju Endap Darah Tinggi Bisa Sebabkan Penyakit Serius
September 26, 2018

6 Susu Formula Bayi Yang Mendekati ASI Untuk Si Kecil

susu formula bayi yang mendekati asi

Susu Formula Bayi Yang Mendekati ASI – Kehadiran seorang bayi pasti disambut dengan suka cita oleh orang tuanya. Adalah penting bagi ibu memberikan ASI kepada sang bayi karena pemberian ASI bermanfaat bagi kesehatan bayi dan ibu.

ASI merupakan asupan paling bergizi, kunci bagi tumbuh berkembangnya anak, dan meningkatkan daya tahan tubuh bayi. Bukan cuma untuk bayi, pemberian ASI juga bermanfaat bagi sang ibu. Ibu yang menyusui akan lebih cepat pulih dari rasa lelah setelah melahirkan dibandingkan ibu yang tidak menyusui.

Pemberian ASI berarti ibu akan memiliki kontrasepsi alami karena menyusui ternyata menunda periode menstruasi sehingga membantu ibu untuk menjarangkan kehamilan secara alami.

Baca Juga  Penyebab Bayi Sering Cegukan dan Cara Mengatasinya

Semua sepakat bahwa bayi harus mendapatkan ASI eksklusif dari usia 0-6 bulan, sedangkan susu formula boleh diberikan setelah 6 bulan sebagai nutrisi pendamping ASI.

Tidak susu pengganti yang sehebat ASI, tetapi kalaupun terpaksa harus memberikan susu formula kepada bayi usia 0-6 bulan, pilihlah susu formula bayi yang mendekati ASI dalam rasa dan kandungan nutrisinya.

Susu formula haruslah memiliki kandungan nutrisi sebagaimana nutrisi pada ASI, diantaranya : Karbohidrat, protein, lemak, vitamin A,B,C,D,E, dan mineral.

susu formula bayi yang mendekati asi

6 Susu Formula Bayi Yang Mendekati ASI Untuk Si Kecil

Susu formula berasal dari olahan susu sapi yang diproses agar bisa dikonsumsi bayi. Ada banyak merk susu formula yang beredar di pasaran. Masing-masing merk memiliki kandungan nutrisi yang berbeda-beda, sehingga memilih susu formula memang memerlukan ketelitian. Berikut ini beberapa pilihan susu formula bayi yang mendekati ASI untuk anak usia 0-6 bulan :

1.Morinaga BMT Reguler

Morinaga BMT Reguler merupakan susu formula dari Kalbe Nutritionals and Morinaga Jepang yang memproduksi produknya di Indonesia. Susu ini memiliki kandungan sphingomyelin yang yang membantu pembentukan selubung myelin di otak. Dengan adanya selubung myelin terbentuk sempurna, maka akan menghasilkan kerja sel syaraf yang lebih baik dan meningkatkan kecerdasan.

Terdapat beberapa variasi susu morinaga BMT, yaitu Reguler, Platinum, dan P-HP. Dengan beberapa variasi produk tersebut, kita bisa memilih yang lebih dibutuhkan oleh bayi karena masing-masing memiliki kelebihan dan ciri khas tertentu yang ditonjolkan.

Susu Morinaga BMT Reguler memang tidak bisa menggantikan ASI sepenuhnya. Tetapi anda bisa memberikan susu formula ini sebagai selingan/tambahan gizi bagi bayi anda, apalagi rasa susu Morinaga BMT Reguler ini memang mendekati ASI.

2.Lactogen 1 Happynutri

Lactogen 1 Happynutri merupakan salah satu produk dari Nestle. Susu ini memiliki kandungan kalsium dan zat besi yang tinggi, sehingga berguna dalam membentuk tulang dan gigi bayi. Selain itu, kandungan mineral, protein, dan vitamin yang lengkap sangat bermanfaat untuk mendukung pertumbuhan bayi. Rasa susu Lactogen 1 ini cukup gurih dan mendekati rasa ASI, sehingga tidak menimbulkan rasa mual.

Baca Juga  Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi Paling Ampuh

3.S26 Promil Gold

S26 Promil Gold merupakan produk susu premium dari Wyeth Nutrition. S26 Promil Gold diklaim mengandung 100% campuran lemak nabati dan bebas gula tambahan (sukrosa), sehingga total energinya akan lebih optimal.

Kandungan susu ini kaya akan nutrisi yang dibutuhkan bayi, yaitu karbohidrat, protein, asam linoleat, kalsium, vitamin. Susu ini memiliki kadar protein 40%, sementara susu merekalainnya kebanyakan berada pada kisaran protein 18%.

susu formula bayi yang mendekati asi

4.Nutricia Bebelove 1

Bebelove 1 merupakan produk unggulan dari Bebelac yang termasuk susu yang paling banyak dicari pada ibu. Susu ini diklaim bebas dari gula pasir dan plain, sehingga lebih aman untuk bayi.

Nutricia Bebelove 1 berperan dalam menjaga kesehatan pencernaan bayi karena adanya kandungan prebiotik FOS didalamnya. Selain itu kandungan kalsium sangat baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi, dan kandungan zat besinya akan melindungi bayi dari anemia.

5.Similac Advance

Susu formula Similac Advance dapat menjadi pilihan anda karena susu ini memiliki label Non GMO (organik), sehingga lebih aman untuk dikonsumsi.

Susu formula diklaim memiliki kandungan DHA/ARA yang sama dengan ASI, sehingga sangat mencukupi kebutuhan gizi bayi. DHA dan ARA merupakan asam lemak yang diperlukan untuk perkembangan otak dan penglihatan.

Similac Advance juga kaya akan nukleotida, kalori, vitamin C, biotin. Nukleotida merupakan asam amino yang berperan dalam meningkatkan sistem imun (kekebalan tubuh). Susu ini memang kurang populer di Indonesia, namun sebenarnya unggul dari segi kandungan nutrisi.

6.Enfamil A+ Tahap 1

Susu Enfamil A+ Tahap 1 merupakan susu formula bayi produk dari Mead Johnson yang dirancang dengan mencontoh nutrisi yang ada dalam ASI. Seperti halnya Similac Advance, susu Enfamil A+ juga diklaim sebagai susu non GMO dan memiliki kandungan DHA/ARA yang sama dengan ASI.

Namun susu ini memiliki kandungan karbohidrat lebih tinggi dan lemak lebih rendah. Susu ini kaya akan vitamin A dan E yang bekerja sebagai anti oksidan.

Selain itu, Enfamil A+ Tahap 1 juga mengandung prebiotik GOS yang berperan membantu bayi dalam menjaga sistem pencernaannya. Secara keseluruhan, kandungan nutrisi dari susu ini sangat mencukupi kebutuhan nutrisi bayi.

Baca Juga  4 Cara Mengenali Gejala Tipes Ringan Dengan Mudah dan Tepat

Nah, Itulah 6 susu formula bayi yang mendekati ASI dalam rasa dan nutrisi. Semoga ulasan ini membantu para ibu untuk mendapatkan gambaran mengenai susu yang akan diberikan kepada buah hati tercinta.

Sekali lagi, susu formula hanyalah sebagai pendamping ASI dan usahakan untuk memberikan ASI sampai usia 2 tahun. Karena bagaimanapun, tidak ada susu formula yang bisa menyamai ASI. Semoga anak anda menjadi anak yang sehat dan cerdas dengan asupan ASI dan tambahan susu formula yang tepat ya….

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *