sayuran penurun darah tinggi
8 Daftar Sayuran Penurun Darah Tinggi Yang Wajib Konsumsi
October 22, 2018
bentuk pemerintahan jerman
Yuk Belajar Bentuk Pemerintahan Jerman Saat Ini
October 23, 2018

Tidak Perlu Antri! Ini Syarat Perpanjang Paspor yang Harus Siapkan

syarat perpanjang paspor

Syarat Perpanjang Paspor – Seperti yang sudah kita ketahui bahwa masa berlaku paspor hanya 6 bulan, segera cek apakah masa berlaku paspor Anda masih aktif atau tidak. Jika Anda seanng berpergian pastikan Anda masa berlaku paspor Anda masih aktif. Nah jika sudah lewat masa 6 bulan bagaimana Anda bisa memulai untuk melakukan perpanjangan paspor.

Antrean panjang yang perlu Anda lewati keteka memperpanjang paspor adalah suatu hal yang membuat banyak orang malas melakukan proses perpanjangan paspor. Maka banyak perpanjangan paspor yang akhirnya hanya memberikan tugas perpanjangan pasor dengan calo dan Anda memang tidak perlu mengantri jika menggunakan jasa calo.

Baca Juga  Sudahkah Anda Menggunakan Bahasa Jerman Selamat Tidur yang Benar?

Namun tahukah Anda seberapa berbahayanya menggunakan calo dan berapa jumlah uang yang harus Anda keluarkan dengan jasa calo. Keamanan dari identitas belum tentu terjamin, sedangkan uang yang harus Anda keluarkan dari jasa calo pun dua kali lipat dari yang Anda keluarkan. Walaupun telah menggunakan jasa calo Anda tetap harus pergi ke kantor imigrasi untuk foto dan wawancara.

Jadi jika Anda menggunakan jasa calo akan banyak kerugian yang didapatkan. Pemerintah kini telah mempermudah jalur perpanjangan paspor tanpa harus mengantri. Anda tidak perlu lagi mengambil nomor mengantri dan mengisi formulir kemudian mengantri kembali. Nah kemudahan yang dilakukan adalah dengan melakukan pendaftaran secara online.

Tidak Perlu Antri! Ini Syarat Perpanjang Paspor yang Harus Siapkan

syarat perpanjang paspor
Syarat perpanjang paspor jika Anda ingin melalui cara online maka administrasi yang perlu Anda lengkapi adalah e-KTP yang masih berlaku, Kartu Keluarga (KK) yang Anda miliki saat ini, akta kelahiran jika tidak punya bisa menggunakan surat baptis.

Bagi yang sudah bisa menambahkan buku nikah atau akta perkawinan dan bagi warga Indonesia yang belum menikah bisa menggunakan ijazah. Jangan lupa juga siapkan paspor lama wajib Anda bawa, fotokopi semua berkas-berkas tersebut dan siapkan yang asli serta fotokopi ketika Anda akan datang ke kantor imigrasi.

Baca Juga  Cara Menggunakan Kamus Bahasa Jerman Offline dengan Mudah

Syarat di atas berlaku bagi Anda yang merupakah warga negara Indonesia, namun jika Anda ingin mendaftarkan paspor bagi anak Anda maka syarat yang dibutuhkan pun berbeda. Adapun syarat yang dibutuhkan adalah e – KTP kedua orang tua yang masih berlaku, kartu keluarga, akta kelahiran atua surat baptis, buku nikah atau akta perkawinan kedua orang tua, dan terahir paspor lama anak Anda.

Semua berkas ini tidak hanya Anda persiapkan ketika datang ke kantor imigrasi namun Anda juga harus mempersiapkannya ketika akan memasuki pendaftaran secara online. Langkah secara umum yang perlu Anda lakukan dalam perpanjangan paspor secara online adalah dengan masuk ke situs yang telah disediakan, mengisi pendaftaran kemudian terkahir datang ke kantor imigrasi dan melakukan perpanjangan paspor.

Langkah-Langkah Perpanjangan Paspor Online

syarat perpanjang paspor

Apabila Anda sudah menyediakan syarat perpanjang paspor, lanjutkan langkah tanpa harus mengantri ini dengan mendaftarkan diri secara online.

Pembuatan paspor online bisa Anda lakukan melalui situs imigrasi.go.id kemudian lanjutkan dengan memilih layanan paspor online. Setelah memilih menu tersebut lanjutkan dengan memilih menu pra permohonan personal.

Baca Juga  Berburu Beasiswa S2 Jerman, Ini Daftar Lengkapnya

Dalam menu pilihan tersebut Anda akan dihadapkan dengan formulir, semua kolom dalam formulir harus diisi sesuai dengan syarat yang tadi telah Anda persiapkan. Pilih jenis permohonan apakah Anda akan memperpanjang paspor biasa. Jika Anda ingin memperpanjang paspor lama Anda perlu mengisi kolom nama paspor lama, jika membuat baru Anda tidak pelru mengisinya.

Mudahnya pembuatan paspor online adalah Anda tidak perlu pergi ke kantor imigrasi di mana Anda membuat paspor pertama kali. Anda bisa membuat paspor di kantor imigrasi terdekat di mana pun Anda di Indonesia. Nah untuk itu, isi kolom pada fomulir nama kantor imigrasi yang nanti bisa Anda datangi. Jika Anda sudah mengisi semua formulir dengan benar maka Anda bisa menekan menu lanjut.

Pembayaran dalam tahapan online perlu Anda verifikasi dalam langkah ini. Anda akan dihubungkan pada halaman konfirmasi pembayaran yang bisa Anda bayarkan di kantor bank BNI terdekat. Cetak lembay konfirmasi pembayaran kemudian tunjukan pada teller bank BNI maka Anda akan diberikan struk hasil pembayaran. Struk ini tidak boleh hilang dan wajib Anda bawa ke kantor imigrasi beserta dengan berkas-berkas lainnya.

Baca Juga  Apa Sajakah Syarat Perpanjangan Paspor Online Maupun Offline?

Pembayaran untuk perpanjangan paspor ini adalah sebesar 360 ribu rupiah. Jika struk bukti pembaran sudah ditangan jangan lupa fotokopi sebanyak 3 lembar karena nanti akan di cek kembali oleh petugas imigrasi. Anda juga perlu mengkonfirmasi jika sudah melakukan pembayaran melalui situs. Kemudian Anda perlu memilih tanggal yang telah disediakan untuk Anda datang ke kantor imigrasi.

Cetak email perpanjangan paspor yang telah masuk ke email Anda dan kumpulkan bersama dengan berkas pembayaran lainnya. Jika sudah tiba hari yang ditentukan Anda cukup datang ke kantor imigrasi, melakukan penegcekan dokumen tanpa harus mengantri kembali. Ikuti petunjuk yang akan diberikan oleh petugas imigrasi di sana.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *