tarian perang dari maluku
Mengenal Tarian Perang Dari Maluku dan 3 Arti Lambang Dari Kostumnya
October 11, 2018
universitas terbaik di jerman
4 Universitas Terbaik di Jerman Jurusan Bahasa dan Sastra
October 12, 2018

Apa Sajakah Syarat Perpanjangan Paspor Online Maupun Offline?

syarat perpanjangan paspor

Syarat Perpanjangan Paspor – Anda ingin keluar negeri namun masa berlaku paspor Anda telah habis? Lakukan perpanjangan sekarang juga.

Banyak kemudahan yang akan didapatkan saat Anda melakukan perpanjangan. Tidak seperti dahulu dimana Anda harus mengantri berjam-jam untuk melakukan perpanjangan paspor.

Pemerintah telah melakukan perubahan terkait dengan peraturan untuk mengaktifkan kembali paspor Anda.

Hal-hal yang terkait keuntungan yang akan Anda dapatkan terutama kecepatan. Kini memperpanjang paspor akan diberlakukan sistem one day service.

Baca Juga  Les Bahasa Jerman di Jakarta Berikut Alamat dan Biayanya

Masyarakat yang akan melakukan perpanjangan akan selesai hanya dalam waktu satu hari saja maka tidak perlu berhari-hari lamanya.

Anda pun tidak perlu repot untuk pergi ke kantor imigrasi kota asal Anda membuatnya. Jika Anda sedang berada di luar kota Anda bisa tetap melakukan perpanjangan di kantor imigrasi wilayah tersbeut

Sangat mudah bukan? Selanjutnya keuntungan yang paling menggembirakan adalah Anda bisa melakukan via online.

Dan anda tidak perlu lagi bertemu dengan calo atau memperpanjang melalui jasa calo, Anda bisa menentukan sendiri kapan waktu yang tepat untuk melakukan wawancara dan foto untuk paspor. Kini pemerintah juga menyediakan e-paspor bagi Anda yang ingin lebih praktis lagi. Anda bisa menggunakan e-paspor dengan biaya penggantian sebesar 655 ribu rupiah.

syarat perpanjangan paspor

Apa Sajakah Syarat Perpanjangan Paspor Ofline dan Online ? Ini 8 Syaratnya

Kini ada dua cara utama yang bisa Anda lakukan untuk melakukan perpanjangan paspor. Kedua cara ini memiliki syarat perpanjangan paspor yang berbeda. Namun Anda tetap harus menyiapkan uang 355 ribu untuk perpanjangan paspor biasa.

Sudah siap untuk mengganti paspor Anda yang sudah habis masa berlakunya? Berikut ini syarat-syarat yang harus Anda siapkan untuk perpanjangan secara manual.

1. Pakaian

Gunakan pakaian yang tepat agar Anda bisa cepat selesai dan tidak harus mencari pakaian yang sesuai setelah sampai di kantor imigrasi.

Pakaian yang digunakan tidak boleh berwarna putih karena pada saat proses foto background yang digunakan adalah putih. Jangan lupa untuk menggunakan celana panjang yang sopan.

Baca Juga  Apakah Bahasa Jerman Selamat Sore yang Benar? Ini Jawabannya

2. Berkas – Berkas

Anda akan melakukan perpanjangan jadi siapkan paspor lama Anda, selain itu siapkan juga akta kelahiran, surat KK dan juga e-KTP Anda

Pastikan semua berkas-berkas Anda fotokopi terlebih dahulu. Jangan lupa siapkan pulpen karena di sana Anda akan mengisi beberapa berkas formulir permohonan.

3. Ambil nomor antrian

Anda akan melakukan perpanjangan secara manual maka ambil nomor antrian terlebih dahulu.

Pastikan Anda datang lebih awal sekitar pukul 7 karena Anda akan diberikan nomor kuota dan dicek bekas-berkas kelengkapannya.

Lalu Anda akan diberikan map kuning dan formulir permohonan. Isi formulir tersebut kemudian masukan ke dalam map kuning.

4. Wawancara

Anda akan melakukan wawancara, biasanya pertanyaan yang dilontarkan adalah seputar kunjungan luar negeri yang akan dilakukan.

Jadi pastikan Anda sudah menyiapkan jawaban yang jujur dan akurat. Dilanjutkan foto dan pembayaran. Kini Anda akan menunggu hingga paspor Anda jadi.

Syarat perpanjangan paspor di atas secara manual cukup panjang karena Anda akan mengantri dan menyiapkan berkas bahkan mengisi formulir di sana.

Bagi Anda yang tidak memiliki banyak waktu Anda bisa memilih perpanjangan melalui online dengan syarat-syarat berikut ini:

syarat perpanjangan paspor

5. Pendaftaran

Syarat pertama dan langkah awal adalah memasuki portal imigrasi di Indonesia. Di sana Anda akan mendapatkan banyak layanan menu. Untuk masuk ke dalam pendaftaran perpanjangan paspor maka Anda perlu memilih menu layanan publik kemudian layanan online dan berlanjut pada layanan paspor online.

Anda bisa memuli tabel pra permohononan personal dan pilihlah jenis permohonan yang diperlukan yaitu perpanjangan paspor.

Isilah nomor paspor lama Anda dan jenis paspor yang digunakan apakah 24 halaman atau 48 halaman dan kantor imigrasi terdekat dimana Anda akan mengurusnya. Lanjutkan dengan mengisi form pembayaran yang perlu dicetak.

6. Pembayaran

Anda akan melakukan pembayaran segera setelah mengisi form pendaftaran dan form pembayaran. Form pembayaran yang telah dicetak wajib Anda bawa ke teller bank BNI 46 untuk bukti bahwa Anda akan melakukan pembayaran perpanjangan paspor.

Biaya yang dibutuhkan sama seperti ketentuan di atas dan ditambah dengan biaya administrasi 5 ribu rupiah. Jangan hilangkan bukti pembayaran karena inilah yang akan Anda gunakan.

Baca Juga  5 Tips Jitu Belajar Bahasa Jerman Otodidak Dirumah

7. Permohonan wawancara

Anda telah melakukan pembayaran kini masuk kembali ke website imigrasi dan isi formulir permintaan jadwal wawancara.

Anda bisa menentukan sendiri hari dan tanggal kapan Anda memiliki waktu untuk pengurusan. Cetak data tersebut dan siapkan bersama berkas-berkas seperti yang tertera di atas, jangan lupa bukti pembayaran yang telah dilakukan.

8. Pelaksanaan wawancara

Kini Anda telah memiliki berkas lengkap dan bisa langsung mengambil nomor antrian.

Anda tidak perlu lagi mengisi formulir dan cukup melanjutkan pada tahapan wawancara dan foto. Setelah itu Anda bisa menunggu pada hari itu juga atau hari yang telah ditentukan dari petugas imigrasi untuk pengambilan paspor.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *