kegunaan daun binahong
Kegunaan Daun Binahong Ini Jarang Diketahui Banyak Orang
October 4, 2018
Manfaat Madu TJ yang tidak Diketahui Banyak Orang
October 4, 2018

Tenggorokan Sakit Saat Menelan Ludah? Obati dengan Cara Alami Ini

Tenggorokan Sakit Saat Menelan Ludah

Tenggorokan Sakit Saat Menelan Ludah – Tenggorokan nyeri, gatal bahkan iritasi adalah tanda Anda akan mengalami kerusakan suara. Hal ini bisa menjadi lebih parah diikuti dengan rasa sakit ketika Anda menelan makanan, air bahkan ludah.

Bahkan walaupun Anda tidak perlu memeriksakan ke dokter atas masalah tenggorokan ini, rasa sakit ketika menelan akan sangat mengganggu. Parahnya Anda akan merasa sulit tidur dan akan mengurangi samangat Anda dalam menjalani kegiatan sehari-hari.

Tenggorokan Sakit Saat Menelan Ludah

Tenggorokan Sakit Saat Menelan Ludah? Obati dengan Cara Alami Ini

Untungnya hanya dengan beberapa cara dan obat alami yang bisa Anda temukan di dalam rumah, mengurangi rasa sakit bahkan mengobatinya adalah hal yang mudah. Jika Anda merasakan rasa sakit maka segera gunakan beberapa obat alami berikut ini:

1. Madu

Madu adalah bahan yang paling mudah ditemukan di dapur Anda. Madu yang dicampur dengan teh atau dikomsi langsung adalah bahan yang manjur untuk digunakan dalam pengobatan tenggorokan.

Baca Juga  Kegunaan Daun Binahong Ini Jarang Diketahui Banyak Orang

Salah satu penelitian mengatakan bahwa madu juga berguna untuk mengatsi batuk di malam hari. Madu juga dikenal untuk mempercepat waktu penyembuhan sakit tenggorokan.

2. Air garam

Kumur dengan air hangat yang dicampur dengan garam dapat mengurangi rasa sakit pada tenggorokan. Air garam akan membubnuh bakteri yang ada pada tenggorokan.

Caranya adalah campurkan setengah sendok teh garam dengan satu gelas penuh air hangat. Kumur dan telan untuk mengurangi pembengkakan dan tenggorokan tetap bersih. Anda bisa menggunakan cara ini setiap tiga jam sekali.

3. Teh Chamomile

Teh chamomile adalah bahan yang alami untuk meredakan sakit tenggorokan. Teh ini sudah lama digunakan untuk berbagai pengobatan tenggorokan. Fungsinya adalah sebagai antioxidant, anti inflamasi dan astringen.

Baca Juga  Guaifenesin Adalah Untuk Mengecerkan dan Melembutkan Lendir

Beberapa penelitian menunjukan bahwa pengobatan tenggorokan dengan teh chamomile akan menurunkan demam karena radang tenggorokan.

Selain itu teh ini juga akan meningkatkan sistem kekebalan tubuhagar membantu memberikan perlawanan terhadap bakteri.

Tenggorokan Sakit Saat Menelan Ludah

4. Baking soda

Jika air hangat dengan garam sudah sering digunakan maka bahan lain yang bisa ditambahkan adalah baking soda.

Campuran anatar air hangat, garam dan juga baking soda juga akan meredakan tenggorokan sakit saat menelan ludah. Berkumur adalah salah satu solusi untuk membunuh bakteri yang dapat berkembang dan menumbuhkan jamur pada tenggorokan.

Direkomendasikan oleh National Cancer Institute untuk berkumur dengan kombinasi 1 gelas air hangat yang dicampur dengan 1/4 sendok teh baking soda dan 1/8 teh garam. Lakukan setiap tiga jam sekali.

5. Bawang putih

Bawang putih juga memiliki kandungan anti bakteri yang didalamnya juga terkandung alicin yaitu senyawa organosulfer yang terkenal dalam melawan infeksi.

Beberapa studi mengatakan bahwa terbiasa mengkonsumsi suplemen bawang putih akan mencegah terjangkit flu. Anda juga bisa menambahkan bawang putih segar dalam menu diet untuk meningkatkan kandungan antibakteri.

Baca Juga  Manfaat Bawang Putih Hitam yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Untuk mengobati sakit tenggorokan, kunyah bawang putih dan hisap sarinya. Setelah itu gosok gigi untuk menghindari warna gigi yang menguning dan melindungi bau nafas tetap segar.

Tenggorokan sakit saat menelan ludah tidak hanya dapat dialami oleh orang dewasa namun anak-anak dan bayi dapat mengalaminya. Anda bisa mengatasinya dengan menjaga anak tetap terdehidrasi dan menambahkan banyak minum sesering mungkin.

Anak-anak di bawah umur 5 tahun sebaiknya jangan diberikan permen keras atau memberikan makanan yang dapat membuat mereka tersedak. Pastikan ruang kamar Anda tetap memiliki kelembaban yang baik, jika perlu tambahkan humidifier yang berkualitas. Cara ini akan mencegah sakit tenggorokan yang mudah muncul pada anak-anak.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *