gaya rambut morisey
Begini Gaya Rambut Morisey yang Lagi Ngetren
August 11, 2018
penyakit tibi
Gejala, Penyebab dan Cara Mencegah Penyakit Tibi
August 13, 2018

6 Tes Buta Warna Tersulit yang Digunakan Diseluruh Dunia

tes buta warna tersulit

Tes Buta Warna Tersulit – Buta warna adalah kelainan pada penghilatan, dimana seseorang tidak membedakan beberapa warna tertentu dan buta warna pada umumnya adalah karena factor keturunan.

Untuk mengtahui apakah seseorang buta warna atau tidak, haruslah melalui serangkaian tes. Berikut adalah jenis tes buta warna tersulit yang saat ini masih digunakan di seluruh dunia:

6 Tes Buta Warna Tersulit yang Digunakan Diseluruh Dunia

tes buta warna

1. Test Anomaloscope

Test Anomaloskop pertama dikembangkan pada abad ke-20 dan sejak itu merupakan instrumen tes kebutaan warna yang paling akurat yang digunakan oleh spesialis mata di seluruh dunia.

Anomaloskop didasarkan pada kecocokan warna. Dua sumber cahaya yang berbeda harus dicocokkan dengan warna yang sama. Di satu sisi anda akan melihat warna kuning yang dapat disesuaikan kecerahannya. Sisi lain terdiri dari merah dan lampu hijau sedangkan proporsi campuran bervariasi.

Baca Juga  Begini Gaya Rambut Morisey yang Lagi Ngetren

Karena setiap warna pada layar komputer terdiri dari tiga warna dasar merah, hijau, dan biru, anomaloskop tidak dapat dilakukan secara online.

Jadi tes buta warna merah-hijau ini hanyalah reproduksi sederhana dengan ruang untuk perbaikan. Anomaloscope didasarkan pada kecocokan antara kuning dan campuran merah dan hijau.

2. Test Ishihara

Tes buta warna ishihara merupakan temuan seorang ahli dari Jepang yang bernama Ishihara pada tahun 1918.

Dan hingga saat ini tes buta warna tersulit ini masih dipakai sebagai salah satu test akurat di seluruh dunia.

Ishihara mengembangkan grafik ketajaman visual Jepang dan alat untuk menentukan titik dekat, keduanya saat ini digunakan secara luas di Jepang.

Dia juga membuat kontribusi yang signifikan untuk mempelajari trachoma dan miopia.

Test ini berupa kertas dengan lingkaran yang dipenuhi banyak warna , dan ditengah biasa ditulis angka yang dengan bermacam warna.

3. Tes Penyusunan

Tes penyusunan ini merupakan tes yang tergolong mudah karena hanya penyusunan balok sesuai warna-warna tertentu.

tes buta warna tersulit

4. Tes Cambridge

Tes warna cambridge adalah cara cepat subjek skrining yang efisien untuk test penglihatan warna.

Ini juga dapat digunakan untuk memeriksa secara lebih rinci perubahan perbedaan warna yang terjadi sebagai akibat dari kondisi bawaan atau faktor keturunan.

Baca Juga  Shampo Kuda Terbaik dan Bermanfaat untuk Anda

Test cambridge hanya untuk digunakan dengan sistem ViSaGe dan monitor CRT. Untuk hasil lebi akurat, dapat dilakukan test warna cambridge plus, tes buta warna visi Rendah, ketajaman visual, dan fungsi sensitivitas kontras spasial dan kontemporal.

5. Test Farnsworth Munsell

Test Farnsworth munsell adalah satu test untuk menilai kemapuan seseorang untuk membedakan warna. Caranya dengan menyusun kelompok waran tertentu sesuai dengan aturan.

Penilaian dilakukan dengan hasil hitung software computer, dan jika kesalahan analisa warna lebih dari 100, maka seseorang bisa dikatakan buta warna.

6. Test Lentera Farsnworth

Tes ini dinamakan sebagai lentera test karena pada awalnya test ini digunakan untuk membedakan warna pada lampu kereta api.

Dan kemudian tes buta warna tersulit ini pun dugunakan untuk seleksi militer Amerika, dan test ini tidaklah terlalu sulit dan biasanya hanya digolngkan dua jenis buta warna, yaitu buta warna ringan dan berat, tidak sampai pada buta warna total.

Itulah 6 jenis test buta warna tersulit yang masih digunakan diseluruh dunia dan semoga saja artikel ini dapat menambah wawasan Anda dan semoga bermanfaat yah.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *