contoh past tense
Contoh Past Tense Bentuk Positif, Negatif, Interogatif
April 29, 2019
belajar bahasa inggris online
12 Website Penyedia Bahan Belajar Bahasa Inggris Online
April 30, 2019

Belajar Grammar Tidak Sulit Dengan 9 Langkah Simpel Ini

belajar grammar

Belajar Grammar – Belajar grammar dalam bahasa Inggris memang menjadi tantangan tersendiri. Oleh karena itu, perlu beberapa langkah yang mempermudah kita dalam belajar grammar bahasa Inggris. Nah, berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa mempermudah dalam belajar grammar.

Belajar Grammar Tidak Sulit Dengan 9 Langkah Simpel Ini

cara  belajar grammar

1. Kuasai 16 Tenses

Kita harus paham bahwa sebenarnya hanya ada 3 kata kerja utama dalam bahasa Inggris yang menyampaikan peristiwa berdasarkan identifikasi waktu, yaitu past tenses, present tenses, dan future tenses. Perpaduan antara 3 kata kerja tersebut akhirnya melahirkan 16 variasi yang berbeda.

Baca Juga  Contoh Past Tense Bentuk Positif, Negatif, Interogatif

2. Memahami Part of Speech

Dalam belajar grammar bahasa Inggris, terdapat beberapa jenis kata yang harus kita pahami, yaitu sebagai berikut.

. Pronoun (Kata ganti)

. Noun (Kata benda)

. Verb (Kata kerja)

. Adjective(Kata sifat)

. Adverb (Kata keterangan)

. Determiner

. Preposition (Kata depan)

. Conjunction (Kata hubung)

3. Kuasai Perubahan Bentuk Kata Kerja

Di dalam bahasa Inggris terdapat perubahan bentuk kata kerja 1, 2, dan 3 untuk kata kerja beraturan dan tidak beraturan. Kita harus menguasainya karena akan berpengaruh pada penyusunan kata nantinya.

Baca Juga  Contoh Penggunaan Kata Kerja V1 V2 V3 Dalam Tenses

4. Mulai Dengan Struktur S + V + O

Dengan memahami bahwa kalimat dalam bahasa Inggris dapat disusun menggunakan struktur subjek, kata kerja, dan objek akan membuat kita dapat merasakan berbagai variasi yang nanti timbul menyesuaikan tujuan-tujuan tertentu.

Ketika belajar grammar, kita juga harus paham bahwa nantinya setiap kalimat dapat diucapkan dalam bentuk positif, negatif, dan introgatif.

5. Mengenal Beberapa Konjungsi Sederhana

Ketika kita menggunakan bahasa Inggris, kita pasti akan memerlukan kata hubung. Dalam bahasa Inggris dikenal kata-kata atau konjungsi seperti for/ untuk, and/ dan, nor/ tidak juga, but/ tetapi, or/ atau, yet/ tapi, so/ jadi. Untuk lebih mudah mengingatnya, singkat kata kata tersebut menjadi FANBOYS.

Kita juga dapat menggunakan tanda koma untuk menghubungkan dua kalimat. Namun, tetap saja ini hanya akan kita gunakan apabila bingung memilih konjungsi yang tepat.

6. Kuasai Konsep Relative Pronouns

Dalam bahasa Inggris terdapat 5 macam relative pronoun, yaitu who, whoam, what, which, dan that yang memiliki fungsi masing-masing bergantung pada subjek yang ditunjuk, misalnya adalah sebagai berikut.

. who digunakan untuk menggantikan orang sebagai subjek.

. whom digunakan untuk menggantikan orang sebagai objek.

. which digunakan untuk menggantikan subjek dalam bentuk benda.

. whose digunakan untuk menggantikan keterangan milik.

. that digunakan untuk menggantikan subjek dalam segala bentuk.

Baca Juga  5 Cara Memilih Tempat Les Bahasa Inggris Bermutu dan Terbaik

7. Kuasai Konsep Tentang Possessive Pronouns

Kita harus paham tentang penunjukan kepemilikan, karena akan berguna dalam pembentukan kalimat. Misalnya, dalam bentuk singular terdapat my, mine, yourm yours, his, her, hers, its dan pada plural akan terdapat our, ours, your, yours, their, theirs.

8. Kuasai Pembentukan Kalimat Aktif Dan Kalimat Pasif

Dengan memperhatikan kalimat aktif dan kalimat pasif, tandanya kita sudah memahami bagaimana pengaturan antara subjek dan objek ditempatkan dengan acuan predikat. Kita juga harus paham penggunaan to be dan verb-nya.

9. Kuasai Relative Clauses Untuk Membuat Kalimat Majemuk

Pada dasarnya kita pasti akan sampai pada kalimat majemuk dalam belajar grammar. Di dalam bahasa Inggris terdapat relative pronouns yang terdiri dari who, which, where, yang memiliki fungsi masing-masing.

Itulah tadi ulasan mengenai langkah belajar grammar dengan mudah. Dalam belajar apapun, kedisiplinan adalah kuncinya. Tanpa kedisiplinan dan niat yang kuat untuk belajar, segala usahanya akan sia-sia atau tidak memberikan efek yang banyak.

Amry Hidayat

Ini saya, Amry Hidayat. Terima kasih sudah membaca tulisan-tuisan saya, yang semoga tidak membosankan. Jika memang membosankan, tolong dimaklumi selagi saya terus mengasah kemampuan.

Maklumi juga karena saya ini baru anak Mei 1995 kemarin. Gaya saya yang naratif semoga tidak juga mengganggu. Hal itu karena kegiatan yang tidak jauh dari dunia sastra, sampai membuahkan satu buku puisi berjudul Ampre Memper (2015) dan beberapa antologi bersama di tahun selanjutnya.

Kalau bukan itu, palingan bermain-main dengan gambar bergerak di instagram @amryhidayat.

Request atau beri masukan soal penulisan konten melalui amryhidayat.official@gmail.com atau cari saja saya di sekitar perempuan yang tertawa terbahak-bahak. Jangan datangi rumah saya, karena kadang di Jogja kadang di Lampung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *