manfaat teh daun kelor
10 Manfaat Teh Daun Kelor Ini Ternyata Luar Biasa
October 15, 2018
tempat wisata di jerman
Rekomendasi Tempat Wisata di Jerman Untuk Wisata Keluarga
October 15, 2018

8 Tips Menggemukkan Badan Secara Aman dan Sehat

tips menggemukkan badan

Tips Menggemukkan Badan – Tidak semua orang percaya diri dengan tubuh yang kurus atau langsing. Apalagi buat sebagian pria, banyak diantara mereka merasa nyaman dengan tubuh yang berisi.

Banyak yang mengira bahwa menurunkan berat badan lebih mudah dibanding menaikkan berat badan. Tetapi bagi sebagian orang, ternyata sangat sulit untuk menaikkan badan.

Baca Juga  Ikuti 4 Pantangan Cacar Air Agar Cepat Sembuh - Antrilikeaking

Menggemukkan badan ternyata memang tidak semudah membalikkan telapak tangan, ada banyak faktor yang mempengaruhinya misalnya pola istirahat, aktivitas fisik, maupun pola makan.

Terkadang mereka sudah makan banyak, tetapi badan masih tetap kurus kerempeng. Makan berpiring-piring hingga kekenyangan atau makan yang tinggi kadar gula atau lemak tentu bukan cara yang sehat untuk menaikkan berat badan.

tips menggemukkan badan
8 Tips Menggemukkan Badan Secara Aman dan Sehat

Tapi semua hal seperti di atas pasti ada solusinya. Lalu bagaimana cara yang benar? Berikut tips menggemukkan badan yang sehat dan benar

1.Konsumsi makanan bernutrisi tinggi

Untuk menambah berat badan, kamu harus mengkonsumsi makanan bernutrisi dan bergizi tinggi. Penyebab berat badan tidak tambah bukan karena kamu kekurangan lemak, namun kamu kekurangan nutrisi yang seimbang seperti protein, karbohidrat, dan lemak. Nah, penting untuk memilih makanan yang padat protein dan karbohidrat akan membantu membangun otot kamu.

Selain itu disarankan juga mengkonsumsi makanan bernutrisi tinggi lainnya seperti sayur-sayuran, buah, dan kacang-kacangan. Hati-hati juga jika kamu berniat menggemukkan badan dengan banyak makan makanan berlemak, karena hal ini malah bisa menyebabkan kolesterol berlebih.

2.Minum susu

Susu mengandung kadar lemak, protein, dan kalori (energi) yang tinggi, sehingga bermanfaat dalam menambah berat badan sekaligus meningkatkan massa otot. Agar mendapatkan hasil yang memuaskan, disarankan minum susu hingga tiga kali bagi orang yang sedang dalam program menggemukkan badan.

Baca Juga  Rumus Menghitung Berat Badan Ideal Dengan Mudah dan Tepat

Tapi yang harus diingat adalah susu berfungsi sebagai suplemen atau tambahan, artinya kamu tetap membutuhkan makan dengan menu yang mengandung berbagai nutrisi penting bagi tubuh.

3.Istirahat yang cukup

Tips menggemukkan badan berikutnya adalah tubuh haruslah mendapatkan istirahat yang cukup. Tidur yang cukup dan berkualitas penting untuk membantu pertumbuhan otot. Oleh karena itu usahakan tubuh mendapatkan istirahat, baik tidur malam dan tidur siang yang cukup.

Karena saat kamu telah mengkonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi, tubuh memerlukan tidur yang cukup agar nutrisi tersebut bisa membentuk tubuh sehingga berat badan bertambah. Jadi, hindari begadang atau bekerja sampai larut malam ya.

4.Konsumsi telur

Telur merupakan protein hewani yang bisa didapatkan dengan mudah dan murah. Bahkan kandungan vitamin A, vitamin B, vitamin E, mineral dan lemak telah mencukupi berbagai nutrisi penting bagi tubuh. Mengkonsumsi putih telur ternyata juga bermanfaat untuk menaikkan berat badan.

Hal ini karena banyaknya kandungan protein, terutama pada putih telur yang akan membantu proses penggemukan badan kamu. Para dokter menyarankan jumlah telur yang rutin dikonsumsi, yaitu satu butir telur per hari.

5.Konsumsi makanan yang mengandung lemak baik

Tidak semua makanan berlemak berakibat buruk bagi tubuh. Tubuh memerlukan lemak agar bisa berfungsi dengan baik karena lemak membuat badan anda terasa kenyang. Agar berat badan kamu bertambah, kamu bisa mengkonsumsi lemak yang baik bagi tubuh, yaitu lemak tak jenuh.

Jenis lemak ini akan menambah berat badan tanpa menimbulkan efek samping yang berbahaya bagi tubuh. Lemak tak jenuh bisa kamu dapatkan pada ikan, alpukat, kacang-kacangan, minyak zaitun, biji bunga matahari, dan sayur-sayuran.

tips menggemukkan badan

6.Makan porsi ringan tapi sering

Kalau berat badan kamu terlalu kurus, bisa jadi karena kamu termasuk orang yang cepat kenyang. Padahal seperti halnya mobil, badan kamu memerlukan bahan bakar yang cukup agar mobil bisa jalan.

Jadi, untuk menggemukkan badan dengan cara sehat, para dokter menyarankan untuk meningkatkan frekuensi makan tetapi dengan porsi yang kecil. Kamu bisa melakukannya dengan makan lima hingga enam kali sehari dengan porsi kecil, cara ini lebih baik dibandingkan makan tiga kali dengan porsi besar.

Baca Juga  Mengenal Ibuprofen, Kegunaan Ibuprofen Dan Cara Kerja Ibuprofen

7.Minum air putih

Tips menggemukkan badan berikutnya sangat mudah dilakukan, yaitu dengan minum air mineral. Air merupakan media untuk mengalirkan nutrisi ke seluruh tubuh.

Dengan mengkonsumsi air putih yang cukup, saripati makanan akan dapat diedarkan ke seluruh tubuh dengan lancar sehingga kandungan nutrisi di dalamnya terserap oleh tubuh dan berat badanpun akan bertambah. Untuk mencukupi kebutuhan air bagi tubuh, minumlah setidaknya delapan gelas atau sekitar dua liter air per hari .

8.Rutin olahraga

Berolahraga tidak hanya bisa menurunkan berat badan, tapi bisa juga membantu menaikkan berat badan secara sehat. Hal ini karena setelah olahraga, orang cenderung lapar dan nafsu makan meningkat.

Selain itu, olahraga kekuatan seperti push-up, maupun angkat beban juga bisa membantu menaikkan berat badan dengan membentuk massa otot-otot di dalam tubuh kita. Disarankan juga untuk mengkonsumsi camilan kaya protein seperti susu coklat rendah lemak yang bisa dikonsumsi setelah olahraga.

Baca Juga  11 Manfaat Daun Beluntas Untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya

Nah, demikian tadi tips menggemukkan badan yang bisa kamu lakukan di rumah. Ingat, yang paling penting adalah tetap sehat, jadi jangan coba-coba menggemukkan badan dengan cara-cara yang membahayakan tubuh. Selamat mencoba dan sehat selalu ya.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *