sistem pemerintahan jerman
Lambang, Jumlah dan Sistem Pemerintahan Jerman yang Perlu Diketahui
November 8, 2018
makanan pelancar asi
Mau ASI Banyak? Ini 8 Makanan Pelancar ASI yang Wajib Dikonsumsi
November 9, 2018

Wajib Tahu, Ini Perbedaan Mencolok TOEFL IBT Jakarta dan TOEFL ITP

toefl ibt jakarta

TOEFL IBT Jakarta – Apakah anda mengetahui apa itu TOEFL IBT? Toefl IBT adalah salah satu ujian kemampuan berbahasa inggris menggunakan komputer atau internet.

Sehingga disebut internet based test. Ujian TOEFL IBT sendiri memang menggunakna komputer dari awal sampai akhir. Sehingga memudahkan penyelenggara tanpa menyiapkan panitia khusus. Hanya menyediakan panitia penjaga. TOEFL sendiri mempunyai beragam alat uji kemampuan.

Baca Juga  Apa Itu GMAT? Dan Berikut Ini Adalah 4 Bentuk Tes GMAT

Pertama, adalah TOEFL Internet based test. Test TOEFL yang menggunakan alat komputer dan internet. Sementara alat uji yang kedua adalah TOEFL ITP. Institusional Testing Program. ITP TOEFL ini biasanya disebut TOEFL Paper based test.

Test yang berbasis pada ujian menggunakan kertas soal dan jawaban. Di Indonesia, mayoritas universitas menyediakan TOEFL ITP atau TOEL Paper based Test yang disebut PBT. Kedua jenis ujian ini, TOEFL IBT dan TOEFL ITP berada di bawah pengawasan ETS. ETS sendiri adala lembaga akademik yang bertugas mensuplai soal-soal pertanyaan, mengadakan test, serta mendistribusikan hasil ujian. Berupa nilai dalam skor dengan range tertentu.

toefl ibt jakarta
Wajib Tahu, Inilah Perbedaan Mencolok TOEFL IBT Jakarta dan TOEFL ITP

Selajutnya, anda mesti memahami bahwa ada banyak perbedaan di antara Test TOEFL IBT dan Test TOEFL ITP atau TOEFL PBT.

Perbedaan-perbedaan ini penting untuk anda ketahui. Selain agar anda mempersiapkan diri dengan baik. Anda tidak salah mengambil ujian untuk kompetensi masuk ke kampus. Karena keduanya berbeda secara pola ujian dan tujuan penggunannya.

TOEFL IBT dan TOEFL ITP memang secara khusus didesain untuk kemampuan yang berbeda tetapi mempunyai tujuan yang sama. Tujuannya adalah mengukur kemampuan berbahasa inggris. Tetapi standar yang digunakannya berbeda

Baca Juga  3 Lembaga Untuk IELTS Preparation Course Jakarta Paling Rekomendasi

TOEFL ITP yang menggunakan kertas hanya menguji kemampuan mendengarkan (listening(, struktur kata dan kalimat (grammar) dan membaca (reading). sementara TOELF IBT mengukur kemampuan dengan standar yang lebih tinggi. Yaitu mendengarkan (listening), menulis (writing), membaca (reading), serta berbicara (speaking). sudah terlihat perbedaannya ya?

Perbedaan mencolok yang standar diujikan ini karena terkait dengan tujuan dan fasilitas yang ada dalam sebuah negara. Serta tentunya tujuan-tujuan yang digunakan. TOEFL ITP atau berbasis kertas awalnya diujikan untuk negara-negara yang tidak memiliki akses internet tinggi.

Sehingga mereka tetap bisa melakukan uji kemampuan berbahasa inggris. Indonesia awalnya menggunakan ITP. Tetapi seiring berjalannya waktu dengan kehadiran teknologi. Indonesia juga menjadi pengguna TOEFL IBT. Kedua-duanya sampai sekarang tetap terus digunakan.

Baca Juga  Ternyata Inilah Kepanjangan SAT dan Singkatan SAT yang Perlu Diketahui

Jika TOEFL ITP masih ada di Indonesia. Lantas digunakan untuk apa? Pada umumnya TOEFL ITP adalah uji kemampuan yang digunakan untuk standar masuk kampus-kampus negeri, perusahaan multinasional yang bekerja di Indonesia serta beberapa seleksi kerja BUMN dan korporasi swasta. TOEFL ITP adalah ujian standar untuk mengukur kemampuan seorang mahasiswa atau karyawan dalam memahami percakapan dan bacaan dalam bahasa Inggris.

Sementara, TOFL IBT sendiri lebih tinggi karena menggunakna kemampuan gabungan. Yaitu menulis (writing) dan berbicara (speaking). Kemampun ini dibutuhkan untuk pekerjaan-pekerjaan yang berkaitan dengan dunia akademik dan bisnis di luar negeri. I

tulah mengapa TOEFL IBT merupakan salah satu syarat dalam melamar beasiswa ke luar negeri, atau anda mengikuti seleksi masuk kampus di luar negeri. Serta sebagai syarat jika anda melamar perusahaan asing yang berkantor di sekitar negara-negara ASEAN seperti Singapura dan Malaysia.

toefl ibt jakarta
Tempat Kursus TOEFL IBT Jakarta Paling Rekomendasi

Karena kebutuhan TOEFL IBT yang lebih tinggi dibandingkan ITP. Lokasi ujian TOELF IBT tidak sebanyak TOEFL ITP. Apalagi TOEFL IBT biaya ujiannya sangat mahal sekitar 2,5 juta.

Bandingkan dengan TOEFL ITP yang hanya 500 ribu dan berikut di bawah ini adalah beberapa lokasi tempat kurus test TOEFL IBT di Jakarta:

1. English Bridge

Tempat kursus preparation TOEFL IBT Jakarta yang pertama adalah English Bridge, dimana merupakan salah satu lembaga bahasa asing yang sudah terpecaya di bidangnya, karena memiliki guru yang Native yang memiliki skor yang sempurna.

Sehingga akan mempermudah Anda untuk mendapatkan skor TOEFL IBT yang maksimal, dan jika Anda berminat dan ingin mencari informasi lebih lanjut, maka Anda bisa menghubunginya dengan menggunjungi website Englishbridge.co.id

Baca Juga  4 Tempat Kursus IELTS Di Jakarta Paling Rekomendasi dan Terbaik

2. International Language Program.

Mereka juga agen resmi yang ditunjuk ETS mempunyai banyak cabang di ILP Bintaro, ILP Veteran dan ILP Cikini.

2.International Test Center.

Merupakan mitra resmi ETS. Biaya ujian TOEFL IBT sekitar 2,5 juta disana. Anda bisa booking di: itc-indonesia.com

3.Lembaga Bahasa Universitas Indonesia.

Berlokasi di Gedung X Lt1 Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *