9 obat penghilang bekas jerawat di apotik
6 Obat Penghilang Bekas Jerawat Di Apotik Yang Paling Dicari
August 10, 2018
ciri ciri air mani mandul
Sulit Hamil? Pahami Dulu Ciri Ciri Air Mani Mandul
August 11, 2018

Apa Itu Trisomy 13? Trisomy 13 Adalah Sindrom Berbahaya

trisomy 13 adalah

Trisomy 13 Adalah – Trisomy 13 atau biasa disebut sebagai sindrom patau adalah kelainan atau adanya gangguan pada kromosom yang ditandai dengan adanya 3 salinan kromosom 13 pada sel-sel tubuh yang pada normalnya hanya 2 salinan.

Banyak orang yang salah mengartikan, mengatakan bahwa trisomy 13 adalah salah satu faktor keturunan. Pada kenyataanya trisomy terjadi bukanlah karena faktor keturunan tetapi adanya kelainan pada saat pembuahan sel telur.

Baca Juga  5 Cara Menaikan Hb Rendah yang Bisa Dilakukan Di Rumah

Dan juga pada kebanyakan kasus, penderita trisomy 13 jarang bertahan hidup hingga remaja, kebanyakan akan meninggal di tahun pertama kelahiran.

Beberapa ahli yang pernah meneliti tentang penyebab dari trisomy, mengatakan bahwa kemungkinan besar dari terjadinya trisomy 13 disebabkan usia wanita hamil yang sudah tergolong tinggi, dan juga karena pernah terjadi kasus yang sama pada kelahiran anak sebelumnya.

Sehingga untuk orang tua yang pernah melahirkan anak dengan trisomy 13 sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk rencana mempunyai anak selanjutnya karena sangat rentan untuk mempunyai anak dengan trisomy 13.

trisomy 13 adalah

Penyebab Anak Mengalami Trisomy 13 Adalah Sebagai Berikut:

Ada banyak akibat dari kelahiran anak dengan trisomy 13 adalah dan cukup parah sehingga jarang yang bisa bertahan hidup lama dan beberapa kelainan akibat dari trisomy 13 adalah sebagai berikut:

1. Cacat Lahir

Bayi yang lahir dengan trisomy 13 adalah biasa berat badannya sangat rendah, bahkan sering lahir premature, atau lahir sebelum waktunya. Yang paling utama adalah pada struktur otak mempengaruhi perkembangan wajah pada bayi.

• Mata terlalu berdekatan

• Hidung atau lubang hidung tidak berkembang

• Tangan mengepal

• Sumbing

• Jari yang kurang atau lebih

• Kepala kecil

2. Kesulitan Bernafas (Apnea)

Kesulitan bernafas rentan terjadi pada bayi yang lahir premature, namun biasanya akan sembuh seiring bertambah nya usia bayi, tetapi dengan anak penderita trisomy 13 akan sangat sulit sembuh karena lambatnya perkembang pada pernafasannya, itu sebabnya kebanyakan bayi trisomy 13 meninggal pada usia beberapa minngu setelah lahir.

Baca Juga  Banyak yang Gak Tahu, Inilah 7 Efek Samping KB IUD

trisomy 13 adalah

3. Tidak Bisa Mendengar

Kemampuan mendengar pada bayi sudah dimulai sejak dalam kandungan, seiring berkembangnya jaringa-jaringan dalam tubuh maka kemampuan mendengarnya akan semakin baik, tetapi pada bayi trisomy 13 kebanyakan tidak bisa mendengar karena ssaraf pendengarannya tidak berkembang.

4. Kesulitan Mencerna Makanan

Alat pencernaan yang tidak tumbuh dengan sempurna, menyulitkan trisomy 13 mencerna makanannya, sehingga memperlambat perkembangan pada tubuh yang seharusnya butuh banyak asupan gizi.

5. Seizure/ Kejang

Seizure terjadi karena fungsi otak pada bayi tidak berfungsi dengan normal, pada pendrita trisomy 13 yang pada dasarnya perkembangan struktur otaknya tidak sempurna membuatnya rentan terkena seizure.

Lalu bagaimana perawatan pada trisomy 13? Hal ini hanya bisa dikonsultasikan dengan dokter, karena butuh penanganan jangka panjang. Dan banyak hal yang harus diputuskan bersama dokter untuk menangani bayi yang terkena trisomy 13.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *